Indonesia

Ini Negara-Negara yang Cepat Turunkan Lonjakan Kasus Covid

Jakarta (cybertokoh.com) –

Indonesia termasuk salah satu negeri yang berhasil menurunkan lonjakan kasus Covid-19 dengan cepat, bahkan dengan capaian penurunan yang tinggi. Jika dibanding dengan Turki (93%), India (90%), Vietnam (72%), Indonesia lebih baik dalam capaian penurunan 98%.

“Indonesia bersaing dengan Jepang yang penurunannya juga mencapai 98%. Perbedaannnya adalah Indonesia sebagai negara besar membutuhkan waktu lebih lama untuk mencapai 98% penurunan, yaitu 3 bulan, dibanding dengan Jepang yang hanya membutuhkan waktu 2 bulan,” papar Prof Wiku Adisasmito, Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, saat memaparkan studi tentang pengalaman penanganan Covid-19 di beberapa negara yang berhasil bergerak cepat menurunkan lonjakan kasus, Kamis (7/10).

Kecepatan dan ketepatan penanganan Covid 19 yang dilakukan oleh sebuah negara, ucapnya, mengindikasikan ketahanan sistem kesehatannya serta kemampuan adaptasi seluruh lapisan masyarakatnya terhadap permasalahan kesehatan.
Beberapa negara di dunia, lanjut Prof Wiku, saat ini tengah mengalami lonjakan kasus (Gelombang) Covid ke-2 dan ke-3. Penyebab lonjakan kasus tersebut beragam dan langkah mitigasi yang dilakukan masing-masing negara pun berbeda, disesuaikan dengan karakteristik masing-masing negara.

India misalnya. Negara berpenduduk 1,38 miliar jiwa berdasarkan data 2020, sempat mengalami lonjakan kasus kedua yang meningkat sangat tajam dibandingkan kasus pertama.
Lonjakan kasus ini bahkan pernah mencapai 414.433 kasus sehari yakni pada 6 Mei 2021. Kenaikan kasus di India berlangsung selama 3 bulan, kemudian dalam kurun 2 bulan jumlah kasus turun hingga 90%. Penurunan kasus di India terus bertahan hingga kini. Artinya, penurunan kasus di India sudah berjalan 5 bulan.

Negara yang juga cepat dalam menurunkan lonjakan kasus adalah Jepang. Sebagaimana diketahui, negeri Sakura ini mengalami lonjakan kasus (Gelombang ke-3) yang juga sangat tajam. Pernah dalam 1 hari terjadi kenaikan kasus hingga 26.121 kasus yaitu pada 26 Agustus 2021.
“Tapi lonjakan kasus di Jepang tidak berlangsung lama, hanya 1 bulan saja. Setelahnya, dalam kurun 2 bulan kasus turun hingga 98%,” tambah Prof Wiku yang juga Ketua Tim Pakar Satgas Penanganan Covid-19.

Negara lainnya, lanjut Wiku, adalah Vietnam. Negara paling timur Semenanjung Indochina di Asia Tenggara ini, sempat menjadi negara dengan penanganan Covid-19 terbaik di dunia, dan hampir berhasil mengeradikasi (pemusnaan total) kasus sepanjang 2020 hingga awal 2021.

“Tiba-tiba kasus di Vietnam melonjak hingga mencapai puncak. Itu berlangsung selama 2 bulan. Kemudian berhasil turun 73% dalam waktu 2 bulan,” beber Wiku.
Yang juga termasuk baik dalam penanganan kasus adalah Turki. Negara berpenduduk 83,1 juta berdasarkan Badan Statistik Turki Februari 2020, sempat mengalami lonjakan kasus selama 3 bulan, kemudian berhasil menurunkan kasusnya hingga 93% dalam waktu 3 bulan.“Namun sayangnya, saat ini kembali terjadi peningkatkan kasus Covid-19 di Turki,” kata Wiku.

Dibanding negara-negara tersebut, ujar Wiku lagi, Indonesia terbilang cukup baik dalam mengatasi kenaikan kasus pada lonjakan (Gelombang) ke-2. Hal ini terlihat dari lonjakan kasus hanya berlangsung selama 2 bulan. Bandingkan dengan India dan Turki yang memerlukan waktu 3 bulan untuk akhirnya dapat turun. (Diana Runtu)

(Visited 1 times, 1 visits today)

Terkini

To Top