Edukasi

Banyak Siswa Terpapar Covid, Satgas: Harus Jadi Pelajaran Penting Bagi Daerah

Jakarta (cybertokoh.com) –

Kabar banyaknya siswa terpapar Covid-19 setelah Pembelajaran Tatap Muka (PTM) digelar membuat khawatir banyak pihak, utamanya para orangtua. Satgas Penanganan Covid-19 mengingatkan agar satuan pendidikan menyelenggarakan PTM secara hati-hati. Mengutamakan kesehatan dan keselamatan peserta didik dari penularan Covid-19 adalah keharusan.

Hal itu ditegaskan Prof Wiku, Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 menjawab pertanyaan media pada keterangan pers terkait perkembangan penanganan Covid-19 yang disiarkan melalui kanal BNPB Indonesia, kemarin.

“Ditemukannya berbagai kasus positif Covid-19 pada peserta didik di berbagai daerah, harus dijadikan pelajaran penting bagi daerah lain. Sehingga kasus serupa tidak terulang dan PTM dapat dijalankan dengan aman sehingga penularan Covid-19 dapat dicegah,” kata Prof Wiku.

Jika ada kasus positif, tegas Prof Wiku, pihak sekolah harus segera melakukan penutupan sekolah kemudian melakukan diinfeksi, pelacakan dan testing kontak erat.
Selain itu, sekolah harus melakukan evaluasi penerapan pembatasan. Khususnya terkait penerapan protokol kesehatan seperti skrining kesehatan, pengaturan kapasitas dan jarak antar siswa di sekola sehingga tidak terjadi kenaikan kasus yang signifikan.

“Sekecil apapun angka kasus yang ada jika tidak ditindaklanjuti dengan baik dengan tracing maupun treatment yang tepat maka akan memperluas penularan,” ujarnya.

Tak hanya itu, harus perhatikan juga peluang penularan di rumah, perjalanan maupun saat kegiatan belajar mengajar berlangsung. Dan pastikan siswa dan tenaga pengajar secara disiplin mematuhi protokol kesehatan saat mengikuti kegiatan belajar mengajar.

Menkominfo Johnny G Plate dalam kesempatan beberapa waktu lalu juga sempat mengingatkan soal kehati-hatian dalam menyelenggarakan pembelajaran tatap muka. Menurutnya, upaya perlindungan kesehatan bagi insan pelaku pendidikan dan keluarganya harus dioptimalkan.

Dia juga mendorong agar vaksinasi Covid-19 untuk pelajar dan pendidik dipercepat serta penerapan teknis pelaksanaan Protokol Kesehatan sesuai regulasi diperkuat. (Diana Runtu)

(Visited 1 times, 1 visits today)

Terkini

To Top