Kota Denpasar

Penyandang Disabilitas Punya Hak Sama dalam Layanan Vaksinasi Covid-19

Denpasar (cybertokoh.com) –

Ketua Tim Penggerak PKK Kota Denpasar Ny. Sagung Antari Jaya Negara bersama istri Wakil Walikota Denpasar Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa  rajin memberikan semangat kepada petugas vaksinasi dan para penyandang disabilitas. Hal ini terlihat saat meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi penyandang  disabilitas di Kantor Lurah Serangan Kecamatan Denpasar Selatan, Rabu (15/9).

Dalam kesempatan itu Ny. Antari Jaya Negara mengatakan, penyandang disabilitas memiliki hak yang sama dalam menerima pelayanan vaksinasi Covid-19. “Saya berharap  kepada disabilitas dan keluarga pendamping untuk tetap semangat ditengah situasi saat ini dan selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan,” ujarnya.

Lebih lanjut Ny. Antari Jaya Negara mengatakan,  vaksinasi juga diberikan kepada pendamping disabilitas yang belum divaksinasi. Hal ini dalam upaya mempercepat  cakupan vaksinasi bagi masyarakat Kota Denpasar.

Pelaksanan vaksinasi  bagi penyandang disabilitas  untuk  tahap pertama telah berlangsung dari tanggal 30 Agustus lalu dan ditargetkan pada tanggal akhir September mendatang semua penyandang disabilitas di Kota Denpasar telah  tervaksin. Untuk pemberian vaksin tahap kedua akan dilakukan 21 hari setelah vaksin pertama di berikan.

Ny. Antari Jaya Negara menegaskan pihaknya akan terus melakukan pemantauan terkait pelaksanaan vaksinasi, agar semua penyandang disabilitas mendapatkan pelayanan vaksinasi. Ia berharap Tim Penggerak PKK Desa dan Kelurahan agar ikut turun mendata masyarakat. Mereka yang telah divaksinasi diingatkan agar tetap disiplin menerapkan prokes, memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

Sebelumnya terkait dengan vaksinasi dengan sasaran khusus penyandang disabilitas difabel, ada perhatian khusus dari Presiden RI Joko Widodo yang memberikan 22.600 dosis vaksin Covid-19 merek Sinopharm bantuan Uni Emirat Arab untuk Bali. Vaksin ini secara khusus diperuntukkan bagi kaum difabel serta Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) yang sudah berusia 18 tahun. Untuk mempercepat pendistribusian dan penggunaan vaksin, Ketua TP PKK Provinsi Bali Ny. Putri Koster mengerahkan seluruh kader PKK mulai tingkat kabupaten/kota, kecamatan hingga desa untuk bersinergi dan bergotong-royong menyukseskan program vaksinasi bagi penyandang disabilitas di seluruh Bali. Vaksinasi digelar secara bergantian di tingkat kabupaten dengan memanfaatkan sekolah sebagai tempat vaksinasi.

Namun, dari hasil evaluasi, jumlah penyandang disabilitas yang mengikuti vaksinasi tak begitu banyak. Hal tersebut bukan disebabkan rendahnya animo para penyandang disabilitas, namun karena sebagian dari mereka telah diikutkan pada vaksinasi di banjar masing-masing.

“TP PKK akan terus berperan aktif untuk menyukseskan program vaksinasi Covid-19. Saya juga menyampaikan rasa terima kasih kepada tenaga kesehatan dan petugas vaksinator yang punya andil besar dalam penanganan Covid-19. Sebagai wujud terima kasih, saya mengajak masyarakat tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan seperti penggunaan masker, rajin mencuci tangan dengan sabun di air yang mengalir, menghindari kerumunan (menjaga jarak fisik) dan mengurangi mobilitas,” tegas Ny. Putri Koster. (Ngurah Budi)

(Visited 1 times, 1 visits today)

Terkini

To Top