Indonesia

Masih Ada Potensi Kenaikan Kasus Covid, Masyarakat Jangan Lengah Tetap Taat Prokes

Jakarta (cybertokoh.com) –

Perkembangan kasus Covid harian semakin membaik. Jumlah kasus aktif berkurang drastis, jumlah kesembuhan terus meningkat. Perkembangan positif ini hendaknya tidak membuat lengah semua pihak, baik itu pemerintah maupun masyarakat.

Penerapan protokol kesehatan harus tetap diperkuat, termasuk pengawasannya. Memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak, wajib dilakukan. Di sisi lain, vaksinasi terus digenjot agar target minimal 70% masyarakat Indonesia tervaksin di akhir tahun dapat tercapai.

Berdasarkan data kasus aktif per-7 September 2021 tinggal 138.630 kasus. Total kasus terkonfirmasi Covid-19 berjumlah 4.140.634 kasus, kesembuhan 3.864.848 kasus.

Sementara dari target vaksinasi nasional 208.256.720 jiwa, yang telah divaksin tahap 1 berjumlah 68.208.588 orang. Tahap 2 atau yang telah menerima dosis lengkap 39.165.980 orang. Dan vaksin tahap ke-3 berjumlah 726.589.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito mengingatkan kondisi yang positif ini bukan alasan bagi masyarakat untuk menjadi lengah. “Penting untuk diingat, masih ada potensi kenaikan kasus apabila kita tidak bijaksana menyikapi masa-masa ini,” Wiku dalam keterangan pers Perkembangan Penanganan Covid-19 di Graha BNPB, Selasa (7/9) yang juga disiarkan kanal YouTube BNPB Indonesia.

Di bagian lain Prof Wiku juga menyinggung tentang penerapan kartu vaksinasi sebagai syarat masuk fasilitas publik ditujukan untuk perlindungan. “Pemerintah terus berupaya memperbaiki sistem operasional skrining kesehatan digital ini melalui kolaborasi antar kementerian dan lembaga agar upaya perlindungan kesehatan sekaligus ketepatan dan keamanan data dapat dicapai,” jelasnya.

Penting untuk diketahui bahwa saat ini digitalisasi sektor informsi kesehatan masih dalam tahap transisi menuju satu data. Setiap kekurangan yang ditemukan di lapangan akan menjadi masukan dan akan dievaluasi. Sehingga nantinya dapat berkembang lebih aman dan lebih baik. (Diana Runtu)

To Top