Bali

Ketua TP PKK Bali Terus Akselerasi Vaksinasi Penyandang Disabilitas

Tabanan (cybertokoh.com) –

Komitmen pemerintah menuntaskan vaksinasi Covid-19 secepat mungkin, membuat Ketua TP PKK Prov Bali Ny. Putri Koster turut bergerak langsung. Tak terkecuali untuk penyandang disabilitas, pendamping orang nomor satu di Bali ini langsung meninjau pelaksanaan vaksinasi di SMAN 1 Selemadeg, Tabanan, Sabtu (4/9).

Dalam kesempatan ini, Ny. Putri Koster menyampaikan penyandang disabilitas juga tidak terkecuali akan mendapatkan vaksin Covid-19. “Kita mendapatkan vaksin dari staf Kepresidenan sekitar 22 ribu merk Sinopharm untuk penyandang disabilitas. Itu kita kejar sekarang,” ujarnya didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Tabanan Ny. Rai Wahyuni Sanjaya.

Perempuan yang akrab disapa Bunda Putri ini berharap, vaksinasi bisa diselesaikan akhir bulan September. Hal itu dikarenakan vaksin Sinopharm ini juga akan memasuki masa berakhirnya di bulan Oktober. “Selain masa ‘expired’ kita juga sedang mengejar program vaksinasi Pemprov Bali yang ingin menuntaskan secepat mungkin,” ujarnya sambil mengatakan hal ini juga bisa dijadikan kesempatan untuk memvaksin pendamping para penyandang disabilitas yang belum divaksin.

Bunda Putri juga menginstruksikan untuk menjemput bola, bila ada warga disabilitas yang tidak bisa datang ke sentral vaksinasi. “Kita ajak petugas yang ke sana, kita layani mereka, karena percepatan capaian vaksin adalah tujuan kita,” tegasnya.

Hal yang langsung dilakukan adalah dengan mendatangi rumah Putu Pande Andika Pratama, seorang penyandang disabilitas berumur 19 tahun yang tinggal tak jauh dari tempat vaksinasi. Ny. Putri Koster mengajak Ketua TP PKK Tabanan serta para nakes untuk memvaksinasi. “Ayo kita kerja keras menyukseskan vaksinasi ini. Kita harus lebih kreatif, jangan hanya menunggu,” jelasnya.

Tak lupa dalam kesempatan tersebut, Ny. Putri Koster  memberikan sembako beserta bantuan uang tunai pada Putu Pande Andika Pratama. Bantuan berupa sembako diberikan pula kepada para penyandang disabilitas di tempat vaksinasi. Ny. Putri Koster berharap, melalui bantuan ini bisa meringankan beban masyarakat.

Sebelumnya, Gubernur Bali Wayan Koster meninjau kegiatan vaksinasi untuk penyandang disabilitas dan ODGJ (Orang Dalam Gangguan Jiwa) di Balai Banjar Dusun Getakan, Kecamatan Banjarangkan, Kabupaten Klungkung, Jumat (3/9).
Tinjauan yang dilakukan Gubernur Bali tersebut, sebagai bentuk keseriusan agar penyandang disabilitas yang termasuk kelompok rentan harus segera mendapatkan prioritas untuk divaksin. Sehingga proses vaksinasi ini bisa cepat diakselerasi, dan diharapkan selesai pada akhir September 2021 untuk dosis kedua.

“Kita bersyukur mendapatkan vaksin Sinopharm untuk penyandang disabilitas yang diberikan langsung oleh Presiden Joko Widodo melalui Staf Khusus Kepresidenan. Untuk itu, program vaksinasi ini harus bisa selesai pada akhir September 2021, karena vaksin Sinopharm akan kadaluwarsa pada bulan Oktober 2021,” jelas Gubernur Bali jebolan ITB ini saat didampingi Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali, dr. Ketut Suarjaya dihadapan Bupati Klungkung, Nyoman Suwirta dan Ketua TPP Kabupaten Klungkung, Ny Ayu Suwirta.

Kehadiran orang nomor satu di Pemprov Bali ini sempat mengundang daya tarik para warga yang sedang mengantar salah satu anggota keluarganya untuk mendapatkan vaksin Sinopharm. Sehingga dengan protokol kesehatan yang ketat, Gubernur Koster langsung mengajak penyandang disabilitas di Desa Getakan berbincang sekaligus memberikan semangat. Salah satu penyandang disabilitas yang diajak berbincang bernama I Made Sudiantara (36) yang mengalami keterbelakangan mental.

Diakhir kunjungannya, Gubernur Bali asal Desa Sembiran Buleleng ini meminta seluruh peserta vaksinasi untuk selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan, salah satunya dengan menggunakan masker. “Saya minta agar selalu disiplin menerapkan prokes, agar kita terhindar dari penyebaran Covid-19,” kata Gubernur Bali.  (Ngurah Budi)

(Visited 1 times, 1 visits today)

Terkini

To Top