Kota Denpasar

Semangati Pasien Isoter dengan Saling Peduli

Denpasar (cybertokoh.com) –

Saling membantu dan saling peduli sangat diperlukan dalam penanganan Covid-19. Karena itu partisipasi masyarakat dalam menangani Covid-19 di Kota Denpasar makin meningkat. Kali ini partisipasi datang dari Agro Learning Centre (ALC) dengan menyumbangkan 120 cup Loloh Imune kepada pasien Covid-19 yang sedang  menjalani isolasi terpusat (isoter) di Hotel Inna Bali Heritage, Denpasar.

Loloh Imune ini diserahkan oleh owner ALC Nyoman Baskara diterima oleh Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kota Denpasar, I Dewa Gede Rai. Baskara menjelaskan Loloh Imune ini diproduksi oleh Tim Dapur Usada Bali ALC racikan Tjok Adnyani praktisi herbal Bali dengan tim dokter yang terdiri dari dr. Rai Suta Negara dan dr. Wayan Widana.

Komposisi loloh ini berupa temulawak, kunyit, asem jawa, daun sirih, dan daun piduh, yang bisa diminum sekali sehari setelah sarapan dengan khasiat untuk meningkatkan imun. Ia berharap kontribusi kecil  ini bisa menjadi penyemangat bagi pasien isoter agar segera pulih, dan budaya minum loloh tetap terjaga. “Dengan cara ini kita coba revitalisasi budaya hidup kita lewat budaya minum loloh berdasarkan sastra usada Bali,” ujarnya Minggu (22/8).

General Manajer Inna Bali Heritage, Sulistiari mengatakan saat ini ada 113 pasien isoter yang dirawat di Inna Bali Heritage. “Kami menyiapkan 56 kamar, dimana satu kamar ada 2 orang. Ada juga yang kluster keluarga sehingga bisa satu kamar. Di sini khusus menampung pasien yang ber KTP Denpasar,” katanya.

Sementara Jubir Satgas Covid 19 Kota Denpasar Dewa Gede Rai mengatakan sumbangan berupa Loloh Imune ini diharapkan mampu meningkatkan imun para pasien yang sedang menjalani isoter. ” Kami tentu sangat berterima kasih dengan bantuan dari masyarakat untuk ikut bersama sama menangani pandemi Covid-19, dan memang dalam situasi seperti ini diperlukan sikap gotong royong untuk menangani pandemi Covid-19,” kata Dewa Rai.

Ia menambahkan di Denpasar saat ini menyiapkan 10 tempat isoter bagi pasien OTG/GR dengan kapasitas 1.300 tempat tidur. Dewa Rai juga terus mengingatkan masyarakat untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan 5 M (memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menjaga jarak, mengurangi mobilitas, serta menghindari kerumunan). Semua ini merupakan upaya untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Aksi Berbagi Kasih

Sementara itu, ibu-ibu PKK Desa Pemogan melakukan aksi berbagi 150 paket makanan siap santap berupa nasi bungkus kepada masyarakat yang membutuhkan dilaksanakan di areal  Jalan Taman Pancing, Pemogan.

Perbekel Desa Pemogan Made Suwirya mengatakan aksi nyata yang dilakukan oleh seluruh anggota PKK- Desa Pemogan ini sasarannya para masyarakat yang  terdampak oleh pandemi dari segi ekonomi. “Bahan baku pembuatan makanan siap saji ini merupakan sumbangan  dari tokoh masyarakat di wilayah Desa Pemogan serta juga dari urunan ibu-ibu PKK Desa Pemogan yang kemudian diolah dan dikemas secara higienis” ujarnya.

Selama proses pembagian makanan ini kami juga berkoordinasi dengan pihak keamanan setempat untuk menghindari kerumunan dan tetap menjaga prokes selama pembagian pembagian makanan ini. “Besar harapan kami aksi ini dapat setidaknya membantu masyarakat kami yang terdampak pandemi,” ujarnya. (Ngurah Budi)

(Visited 1 times, 1 visits today)

Terkini

To Top