Sehat

Waktu 20 Menit Cukup untuk Makan, Ini Penjelasannya

Denpasar (cybertokoh.com) –

PPKM Level 4 diterapkan di Jawa dan Bali. Ada beberapa kelonggaran yang diberikan pemerintah, salah satunya konsumen boleh makan di resto/warung makan dengan waktu 20 menit. Cukupkah waktu 20 menit untuk makan?

“Terkait dari sisi kesehatan, waktu makan 15-20 menit, mekanisme alami tubuh beraksi, secara fisiologis tubuh sudah mengenal rasa kenyang, penuh, dan puas dari makanan. Mengapa orang ramai membahas 20 menit, mungkin kalau dihitung mulai dari mesan sampai selesai makan tentu tidak cukup. Kalau waktu makan saja, 20 menit cukup,” ungkap Dr. I Putu Suiraoka, S.ST., M.Kes., Ketua Persagi Bali.

Ia menambahkan, aktivitas makan lebih dari 20 menit karena ada aktivitas sampingan, seperti pemesanan, penyiapan, bermain gadget, ngobrol saat makan.

Untuk menjaga asupan gizi seimbang selama pandemi Covid-19 dan penerapan PPKM, dosen Poltekkes Kemenkes Denpasar ini memberikan tips. Pertama, makan dengan komposisi lengkap dan penuhi kebutuhan gizi. “Pakai  pedoman Isi Piringku, dimana sudah diatur berapa porsi karbohidrat, protein, sayur, buah,” ujar pria yang juga seniman dan fotografer ini.

Kedua, batasi asupan lemak dan gula dan garam. Ini berisiko untuk penyakit lain. Ketiga, penuhi kebutuhan cairan dalam tubuh agar tidak dehidrasi. Minum air putih 6-8 gelas per hari. Keempat, jagaa kebersihan makanan. “Perilaku hidup bersih dan sehat, ini penting cegah penularan penyakit melalui makanan,” tegasnya.

Dalam masa pandemi ini, Suiraoka juga memberi kiat agar imun terjaga. Pertama, makan makanan bergizi seimbang yang tercukupi karbohidrat, protein, sayur dan buah,  serta minum air putih.  Kedua,  cukupi sayuran dan buah, penting karena dapat meningkatkan imunitas tubuh. Buah dan sayur ada yang mengandung antioksidan, ditandai dari warna dari sayur dan buah. Misal buah warna kuning, oranye, hijau. Ketiga, cukupi vitamin yang diperlukan. Kalau  tidak dipenuhi dari bahan alami, boleh pakai vitamin jadi. Keempat, jangan lupa patuhi prokes. Kelima,  rutin olahraga untuk tingkatkan kekebalan tubuh, cukup 30 menit per hari.

“Dalam situasi pandemi ini, mari saling menjaga kesehatan dan ikuti anjuran pemerintah. Ketimbang makan di tempat, dan berisiko serta waswas, lebih baik beli makanan untuk dibungkus. Bawa pulang atau ke kantor, makan di tempat istirahat, ini relatif lebih aman,” ujarnya. (Ngurah Budi)

 

To Top