Indonesia

Ini Perbedaan Isolasi Mandiri dan Karantina Mandiri

Jakarta (cybertokoh.com) –

Selama pandemi Covid-19 kita sering mendengar istilah Isolasi Mandiri dan Karantina Mandiri. Itu dua hal yang berbeda namun kadang membingungkan masyarakat. Berikut ini penjelasan Prof Wiku Adisasmito, Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 yang juga Ketua Tim Pakar.

Wiku menjelaskan, Isolasi Mandiri berbeda dengan Karantina Mandiri. Karantina dilakukan oleh mereka yang sehat atau tidak memiliki gejala namun memiliki kontak erat dengan kasus positif atau baru saja melakukan aktivitas berisiko tinggi.
Sedangkan Isolasi harus dilakukan mereka yang sudah jelas menunjukkan gejala serupa Covid-19 maupun orang positif Covid-19 berdasarkan hasil diagnostik.

Bagi masyarakat yang memutuskan melakukan Isolasi Mandiri maka harus melakukan persiapan dan mengikuti prosedur sesuai dengan pedoman yang dianjurkan seperti yang telah berstandar nasional dan mengacu kepada WHO. Ada beberapa hal yang harus dilakukan mereka yang positif selama Isolasi Mandiri seperti istirahat cukup, konsumsi multivitamin, dan berolahraga. Selain itu, untuk meminimalisir penularan kepada anggota keluarga lain, pastikan terdapat ruangan terpisah antara individu yang melakukan isolasi dengan penghuni lainnya sehingga dapat mengurangi peluang penularan. Penting juga segera menghubungi tenaga kesehatan jika terjadi gejala memburuk.

Terakhir, Wiku mengingatkan agar masyarakat tidak panik dan tidak buru-buru ke rumah sakit bila mendapati hasil tes PCR yang mereka lakukan positif. Maksimalkan dahulu sumber daya masyarakat dengan upaya preventif optimal melalui posko.

“Bila rasio tenaga kesehatan untuk mengawasi jumlah masyarakat yang melakukan Isolasi Mandiri secara terpusat belum mencukupi maka relawan kesehatan harus ditambah untuk memastikan pelayanan yang prima. Tindakan bijak kolektif ini dapat membantu mengurangi beban fasilitas kesehatan sekaligus tenaga kesehatan yang senantiasa mencurahkan tenaganya untuk menyelamatkan banyak nyawa,” ucap Wiku. (Diana Runtu)

To Top