Indonesia

Jangan Khawatir! Vaksin Efektif Melawan Varian Baru Covid yang Masuk Indonesia

Jakarta (cybertokoh.com) –

Setidaknya ada tiga varian virus Covid yang saat ini sudah masuk ke Indonesia dan harus diwaspadai karena lebih menular. Bahkan varian asal Afrika bisa memperberat penyakit.

Tiga varian virus Covid itu adalah B 117 asal Inggris, B 1351 asal Afrika Selatan, dan yang terbaru adalah B 1617.2 atau disebut Varian Delta asal India. Varian asal Inggris ditemukan di sejumlah daerah, di antaranya di Jakarta, Sumut, Sumsel, Banten dan Jabar. Sedang Varian asal Afrika ditemukan di Jakarta dan Bali. Sementara Varian Delta asal India antara lain ditemukan di Jakarta, Bangkalan dan Kudus.

Dua varian yakni asal Inggris dan India, dilaporkan memiliki penularan lebih cepat. Varian Inggris misalnya memiliki penularan 36% lebih cepat dari yang lain. Hal itu terlihat di Inggris dimana keberadaa varian tersebut menyumbang kenaikan kasus Covid yang tinggi di negara tersebut.

Namun varian Delta asal India lebih parah lagi. Karena kecepatan penularan varian ini hampir dua kali lipat dari varian Inggris, yakni, 60%. Sedangkan varian asal Afrika Selatan membuat penyakit lebih berat.

“Varian asal Inggris memiliki penularan lebih cepat. Hal itu terlihat dari peningkatan kasus di Inggris. Namun varian Delta lebih dari itu yakni kecepatan penularannya 60%, lebih dari pada varian Inggris. Sedang varian asal Afrika, membuat penyakit lebih berat,” ungkap dr Siti Nadia Tarmizi, Jubir Vaksinasi Kementerian Kesehatan.

Varian asal Inggris ini, lanjut Siti, merupakan varian paling banyak dilaporkan berbagai negara. World Health Organization (WHO) menyebut terjadi peningkatan kasus sampai 49% varian B.117. “Mutasi atau varian baru ini masih terus diteliti dan diuji di laboratorium,” tambahnya.

Terkait efektivitas vaksin yang ada terhadap varian Covid 19, Siti meminta agar masyarakat jangan khawatir. Karena vaksin yang ada tetap efektif melawan varian baru. Hanya saja, tambah Siti, dalam kondisi seperti sekarang ini, masyarakat hendaknya tetap berhati-hati dan menerapkan prokes secara ketat di manapun berada.

“Memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, membatasi mobilitas, hindari kerumunan, itu yang penting dilakukan. Ingat ya varian baru itu punya penularan yang cepat. Jika kita berkerumun meski hanya sebentar, bisa terpapar Covid lantaran cepatnya penularan varian baru itu. Jadi sebaiknya, membatasi diri, mobilitas, jangan keluar rumah jika tidak penting,” papar Siti. (Diana Runtu)

(Visited 1 times, 1 visits today)

Terkini

To Top