Komunitas

Rotary 3420 Gelar District Conference 2021 Secara Hibrid

Denpasar (cybertokoh.com) –

Rotary District Conference adalah perhelatan akbar yang diselenggarakan oleh District Rotary International. Event setiap tahun ini untuk mengakhiri tahun
pengabdian Rotary yang jatuh pada tanggal 30 Juni. Rotary Club dan District di seluruh dunia menyelenggarakan muktamar akbar atau yang disebut  District Conference.

Perhelatan akbar ini merupakan acara tahunan yang sangat dinanti seluruh Club dan biasanya dihadiri oleh Rotarian bersama pasangan mereka. Ini juga menjadi event perayaan dan evaluasi atas keberhasilan program
bantuan Rotary International melalui Rotary Club kepada masyarakat yang disumbangkan ke seluruh dunia. Bantuan atau sumbangan ini berupa pelayanan kesehatan terutama untuk ibu dan anak, penyediaan air bersih, sanitasi, pelestarian lingkungan,
meningkatkan pendidikan, pertukaran pelajar maupun bantuan kesejahteraan lainnya untuk masyarakat di pelosok desa-desa yang jauh.

Masa pandemi Covid-19 tidak menyurutkan Rotary di seluruh dunia, termasuk Rotary District 3420. Rotarian bekerja keras untuk mendukung tim kesehatan
paramedis di banyak rumah sakit di berbagai daerah dengan ratusan APD, baju hazmat, ribuan masker, cairan antiseptik. Ada juga dukungan bingkisan makanan, obat-obatan dan sembako ke daerah-daerah terpencil yang terdampak bencana di Sulawesi, NTT, Jawa dan Sumatra.

“Disesuaikan dengan masa pandemi Covid-19, Rotary D3420 menggelar District Conference Hybrid 2021 yang pertama kali di Indonesia,” ujar Made Herry Erika Sedana, Assistant Governor D3420 Indonesia, Sabtu (29/5). Ia menegaskan District Conference Hybrid menerapkan protokol kesehatan ketat yang maksimal termasuk Rapid Swab test bagi seluruh peserta konferensi dan panitia.

Dengan acara “Rotary Opens Opportunities”, sebanyak 80 orang berada di The Patra Resort & Suite, Badung, Bali, sementara sekitar 2500 Rotarian Indonesia mengikuti perhelatan akbar ini melalui virtual/ zoom serta live streaming you-tube. Sertifikat penghargaan dan apresiasi kepada Club-Club dan Rotarian yang
berprestasi dalam melaksanakan program-program bantuan kepada masyarakat diserahkan dalam acara ini.

District Governor I Nyoman Suastika menjelaskan Penyelenggaraan Hybrid District Conference 2021 ini akan sangat berbeda dengan tahun-tahun terdahulu. Pilihan tempat jatuh pada daerah wisata Bali.
“Perpaduan antara keindahan, keunikan dan spirit yang kuat tercermin dalam tema Hybrid District Conference 2021, yaitu “Evolve in Paradise for a better
future”. Acara diawali dengan Golf Fellowship di Nusa Dua pada Jumat (28/5) dilanjutkan dengan konferensi yang menghadirkan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI Ny. Bintang Puspayoga dan pakar marketing Prof. Rhenald Kasali, dan diakhiri dengan makan malam,” ujarnya.

Dalam sesi jumpa pers, Suastika memaparkan Rotary adalah organisasi pengabdian yang tertua dan terbesar di dunia serta berada di lebih dari 200 negara.  Dana yang sudah dihibahkan lebih dari 4 miliar dolar.

“Di masa pandemi Covid-19, kami turut berkutat dengan sumbangan Covid-1. Ini merupakan short term kami untuk ikut membantu pemerintah. Core value kami adalah fellowship. Pandemi ini membuat kami jadi lebih solid dalam pengabdian dan semoga ke depan makin kuat,” tegasnya.

Ia menambahkan pandemi Covid-19 merupakan tantangan bagi kita semua. Ini terjadi di seluruh dunia. Dampaknya tidak hanya kesehatan, tetapi ke semua sektor kehidupan, terutama ekonomi dan sosial. Ke depan, Rotary berharap adanya pertumbuhan ekonomi lokal. Salah satunya dengan menggiatkan RCC atau Rotary Community Corp.

“RCC merupakan bentuk untuk melakukan aktivitas di komunitas. Kami sangat mendukung UMKM dan membantu jejaring dengan ahlinya, apalagi sekarang era digital, semua bisa terkoneksi,” jelas Suastika. (Ngurah Budi)

To Top