Sekitar Kita

Kasus Positif Melandai, Masyarakat harus Tetap Patuhi Prokes

Jakarta, (cybertokoh.com) –

Meski saat ini kondisi penularan Covid-19 terlihat melandai namun masyarakat harus tetap waspada. Tetap menerapkan protokol kesehatan, seperti memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, juga menghindari kerumunan. Berdiam di rumah adalah lebih baik.

Pemerintah sudah melakukan berbagai cara untuk mengendalikan penularan Covid- 19, masyarakat wajib mendukung lewat berdisiplin menerapkan prokes dimana pun berada.

Berdasarkan data Satgas Penanganan Covid-19, jika mengacu pada data Covid Indonesia per 9 Mei 2021 maka kecuali kasus kematian yang lebih tinggi dari rata-rata global, kasus aktif dan jumlah kesembuhan di Indonesia berada di bawah rata-rata dunia. Kasus aktif di Indonesia per kemarin (9/5) 98.395 atau 5,74%, jumlah kesembuhan 1.568.277 kasus atau 91,51% dan total kasus kematian 47.012 atau 2,74%. Sementara data global, kasus aktif 11,61%, kesembuhan 86,30% dan meninggal 2,08%.

Saat ini tren pertambahan kasus terkonfirmasi Covid-19 harian Indonesia lebih baik dibanding sejumlah negara lainnya. Termasuk jika dibanding dengan negara tetangga Malaysia yang saat ini pertambahan kasus terkonfirmasi positif Covid 7,3%. Bahkan Thailand meningkat tajam dengan pertambahan 42,4%.
Kondisi Indonesia saat ini, kata Ketua Satgas Covid 19, harus dijaga bersama. Jangan sampai melonjak. Saat ini, tambahnya, pemerintah sedang berjuang agar Covid dapat terkendali dan masyarakat diminta turun mendukung dengan disiplin terapkan Prokes.

“Covid 19 ditulari bukan oleh hewan tapi oleh manusia. Karenanya mobilitas atau pergerakan manusia harus dibatasi. Menghindari pertemuan fisik. Misalnya dengan tidak mudik Lebaran,” ungkap Ketua Satgas Penanganan Covid 19 yang juga Kepala BNPB, Doni Monardo, dalam Webinar Program Fellowship Jurnalis Perubahan Perilaku (FJPP), Senin (10/5).

“Kita melandai saat ini. Kasus aktif Indonesia lebih rendah dari rata rata kasus aktif dunia. Saat dunia naik, kita melandai. Tapi kondisi ini jangan membuat kita lengah. Kita tetap harus waspada. Masyarakat tetap harus berdisiplin melaksanakan Protokol Kesehatan dimana pun,” tambahnya. (Diana Runtu)

To Top