Style

Padupadankan Endek Bali, Ini Tipsnya

Denpasar (cybertokoh.com) –

Surat Edaran Gubernur Bali Nomor 04 Tahun 2021 tentang Penggunaan Kain Tenun Endek Bali /Kain Tenun Tradisional Bali memberi dampak bagi perajin. Hal ini diungkapkan Rhea Cempaka, perajin sekaligus pengusaha endek.

“Saya selaku perajin sekaligus pengusaha yang bergerak di bidang fashion endek sangat mengapresiasi dan berterima kasih dengan adanya Surat Edaran Gubernur Bali Nomor 04 Tahun 2021 tentang Penggunaan Kain Tenun Endek Bali /Kain Tenun Tradisional Bali. Adanya surat edaran ini membuat penjualan endek meningkat. Saat pandemi Covid-19 penjualan sempat zero alias tidak ada sama sekali. Karena ada pembatasan kegiatan masyarakat juga. Dengana adanya surat edaran ini, penjualan menjadi meningkat dan tukang jahit serta tukang tenun punya pekerjaan lagi,” ujar pemilik butik Cempaka ini.

Rhea menambahkan peluang memasarkan produk endek menjadi lebih besar dengan adanya surat edaran ini. Ini juga menjadi kesempatan untuk perkenalkan produk menjadi terbuka lebar. Ia juga mengapresiasi Ketua Dekranasda Bali Ny. Putri Suastini Koster yang menggelar pameran Bali Bangkit di Taman Budaya Denpasar untuk memperkenalkan berbagai produk lokal Bali.

Dibalik peluang itu, Rhea menyadari ada tantangan yang dihadapi perajin. “Akan ada persaingan penjualan endek di Bali. Perajin dari luar Bali bisa membuat tenun ikat seperti punya Bali dan dipasarkan di Bali. Ini menjadi tantangan. Menuru saya perlu adanya penyamaan pemahaman dan frekuensi antara stakerholder. Pemerintah bisa menjadi fasilitator  untuk mempertemuan pengguna dan perajin endek. Di sanalah dijelaskan mana produk asli Bali dan bukan. Pengguna misalnya kalangan ASN, hotel dan bank,” ujar penerima penghargaan Perempuan Inspiratif Tokoh 2018 ini.

Rhea yang juga desainer ini juga memberikan tips bagaimana memadupadankan endek sebagai busana formal. “Butik kami memang lebih banyak memproduksi endek untuk acara formal. Jika memakai endek, tinggal sesuaikan bawahan. Untuk pria, gunakan celana kain dan sepatu pantofel. Untuk wanita gunakan bawahan berbahan kain, pakai sepatu ke kantor atau high heels,” ujarnya.

Bagi yang ingin tampil casual, ia mengatakan tak perlu khawatir karena saat pandemi, banyak buat endek ready to wear. Endek yang casual dan simple ini banyak dipakai untuk aktivitas yang lebih banyak dilakukan di rumah.

Mengenai harga, Rhea menyebut nilai yang variatif. Endek bisa diakali dengan kain polos. Pola modifikasi ini banyak dipakai karena harganya relatif terjangkau. (Ngurah Budi)

To Top