Sport

JBTAC Ulang Tahun, Ini yang Dilaksanakan

Denpasar (cybertokoh.com) –

Di masa pandemi Covid-19, geliat panahan tradisional di Bali masih terjaga. Hal ini dibuktikan dengan aktivitas yang dilakukan Jepun Bali Traditional Archery Club (JBTAC). Mereka tetap melakukan latihan di lapangan panahan Istana Taman Jepun, Denpasar dengan menerapkan protokol kesehatan.

Minggu (21/2), suasana di lapangan panahan lebih meriah. JBTAC merayakan ulang tahun ke-12 dengan menggelar lomba. Peserta dibatasi 40 orang untuk semua kategori. Lomba ini dibuka Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Bali Prof. Dr. Wayan “Kun” Adnyana didampingi Ketua Perpani Bali IGN Wisnu Mataram serta pendiri JBTAC AA Anom Giri dan Ida Ayu Anom Purnamaningsih.

Wisnu mengaku gembira dan salut dengan adanya kegiatan ini. Rasa terima kasih diberikan kepada para orangtua yang selalu mendukung anak-anak untuk mengikuti kegiatan panahan tradisional.

Anom Giri menambahkan semangat para orangtua dalam mendukung anak-anak merupakan modal JBTAC bisa eksis sampai saat ini. “Konsep kekeluargaan menjadi bagian tak terpisahkan dari perjalanan JBTAC. Para orangtua pemanah banyak memberikan dukungan sehingga kegiatan-kegiatan kami bisa berjalan,” ungkapnya.

Sebelum pandemi Covid-19, tim JBTAC kerap diundang untuk mengikuti lomba/jemparingan di Solo dan Yogyakarta. Selain itu, JBTAC juga punya kalender event yang dilaksanakan tiap tahun. Pesertanya datang dari seluruh Bali bahkan luar Bali. Namun, kini dalam kondisi pandemi Covid-19, event hanya dilaksanakan untuk internal saja.

Panahan tradisional memiliki ciri khas. Pemanah menggunakan pakaian tradisional dan posisi saat memanah, duduk bersila bagi pria dan bersimpuh bagi wanita. Busur yang digunakan terbuat dari bambu dan kayu. Untuk target, anak panah harus menancap di bandul. Penilaian sesuai dengan di bagian atau warna apa anak panah menancap. Bagian kepala warna merah bernilai 3, leher warna kuning bernilai 2, dan badan warna putih bernilai 1.

Ingin mengetahui lebih jauh tentang panahan tradisional? Silakan kunjungi Jepun Bali Traditional Archery Club di Istana Taman Jepun, Denpasar. (Ngurah Budi)

To Top