Bali

Jadi Orang Pertama Divaksin Covid-19, Ini Kata Gubernur Koster

Denpasar (cybertokoh.com) –

Gubernur Bali Wayan Koster menjadi orang pertama yang disuntikkan vaksin Sinovac di UPTD Rumah Sakit Bali Mandara, Kamis (14/1). Setelah dilakukan observasi pasca vaksinasi, Gubernur memberikan closing statement. Meski telah dilakukan vaksinasi Covid-19 pengetatan protokol kesehatan akan terus dilakukan.

Hal ini menyusul terus melonjaknya kasus terkonfirmasi positif Covid-19 beberapa hari terakhir. Dari tracing yang dilakukan, lonjakan kasus terkonfirmasi positif covid-19 akibat libur Natal 2020 dana tahun 2021. “Masyarakat dan pihak terkait agar terus melakukan pengetatan pembatasan kegiatan masyarakat untuk menekan risiko penyebaran penularan Covid-19,” ungkapnya.

Dengan bertambahnya pasien positif covid-19, Gubernur Bali mengatakan jika pelayanan di semua rumah sakit rujukan Covid-19 telah memenuhi standar WHO. Bahkan angka kesembuhan pasien terkonfirmasi juga terus meningkat. Saat ini pihaknya belum menyusun kebijakan baru untuk penanganan kasus Covid-19 di Bali. “Belum ada kebijakan baru, masih kita maksimalkan kebijakan yang lama,” jelasnya.

Meski telah dilakukan vaksinasi, pihaknya mengaku belum berencana membuka pintu masuk Bali untuk wisatawan mancanegara. Kebijakan tersebut merupakan kewenangan pemerintah pusat sehingga saat ini pihaknya hanya fokus terhadap wisatawan domestik. “Belum ada arahan membuka pariwisata mancanegara. Kami masih menunggu arahan dari pusat,” ujarnya.

Pengetatan pintu masuk Bali bagi wisatawan domestik baik melalui jalur laut, darat dan udara rupanya tidak mengurangi animo masyarakat datang ke Bali. Terbukti dari libur panjang Nataru hingga Januari 2021 tercatat 400.000 kunjungan wisatawan domestik ke Bali. “Saya kira jumlah ini termasuk banyak di tengah pandemi Covid-19 saat ini,” pungkasnya. (Wiwin Meliana)

To Top