Indonesia

Ini Tips Menjalani Isolasi Covid-19

Yogyakarta (cybertokoh.com) –

Bagaimana mempersiapkan pasien Covid-19 di rumah sakit maupun isolasi mandiri? Berikut tips  GBPH H. Prabukusumo HB IX, S. Psi. Yang sempat menjalani isolasi karena terjangkit Covid-19.

1.Alat plastik untuk pipis pria ditaruh di plastik tas kresek,  ditaruh di kiri samping pasien tapi terjangkau tangan pasien  dan ember ditaruh disamping kanan bawah tempat tidur yang bisa terlihat pasien. Tujuannya agar pasien tidak turun naik ke kamar mandi. Jadi tinggal pipis di alat tersebut lalu tuang ke ember bawah kanan tempat tidur.

2. Handuk segi empat 30 x 30 cm. Ini untuk seka wajah dan leher biar segar (dimasukan air dan diperas) dan handuk persegi panjang 20 x 60 cm ini juga direndam air dan diperas, untuk menyeka kaki dan didiamkan di kedua lutut agar lutut dan kaki-kaki dingin, mengurangi rasa ngilu dan panas di kaki.

3.Pisang 2 dan roti sobek 2 setiap hari harus ada untuk tengah malam atau pagi-pagi kelaparan segera makan pisang dan roti. Gunanya menjaga stamina pasien, karena lapar didiamkan bisa masuk angin, membuat kurang nafsu makan.

4 a)Kalau tidak bisa berjemur matahari, bisa dengan bantal pemanas (ada di apotek). Ini sangat efektif untuk mengurangi ngilu-ngilu di punggung. Tinggal digeser di punggung sambil tiduran, dari pantat naik ke atas step by step sampai tengkuk. Pasien pasti nyaman sekali, tapi harus ada tambahan  kabel agar bisa sampai tempat tidur pasien, karena kabel yang di bantal tersebut pendek.

4 b) Semprotan hidung dan obat kumur untuk sterilisasi hidung dan mulut serta tenggorokan, minimal 3x sehari.

5.Sediakan tisu basah dan tisu kering, fresh care, kayu putih, dll, ditaruh dalam wadah 20 x 30 cm ditaruh disamping kiri sejajar perut pasien agar terjangkau pasien, juga untuk menaruh kaca mata, hp, dll.

6.Setelah dilap/mandi, sekujur tubuh dibalur minyak kayu putih agar nyaman, mengurangi ngilu-ngilu dan tidak flu atau masuk angin.

7.Masker selalu diolesi kayu putih atau freshcare agar nafas lega.

8.Gosok gigi juga di tempat tidur diladeni perawat dengan 1 botol aqua 330 ml dan bokor plastik untuk nampung air kumur. Pasien hanya dlm posisi duduk, karena pasien Covid-19 itu bila kegiatan terlalu lama nafasnya, terlihat di oxymeter akan lebih dari 100. Lebih dari 130 bahaya, jadi pasien juga disediakan oxymeter (murah juga).

9.Pakai baju pasien RS saja. Pakai celana dalam kertas yang mudah dibuang.

10.Kalau minum dan makan wajib duduk. Bahaya pasien minum tiduran bisa kesedak. Perawat wajib mengingatkan pasien.

11.Selalu olahraga pelan-pelan untuk latihan ambil nafas panjang dan buang nafas panjang. Setiap melakukan 4x harus berhenti dulu, baru gerakan lain, maksimal 6 gerakan saja. Tidak boleh berlebihan.

Pria yang akrab disapa Gusti Prabu ini juga memberikan tips kalau isolasi mandiri, perlu persiapan yang lain, seperti:

  1. Tabung oksigen (bisa sewa)
  2. Pastikan tidak menulari yang lain
  3. Sediakan meja kecil depan kamar pasien untuk menaruh makan dan apapun dari luar kamar dan dari dalam kamar
  4. Jangan lupa sehari 2 kali semprot disinfektan ke seluruh ruangan, bisa juga dengan fogging
  5. Minum air mineral minimal 2,5 liter per hari
  6. Minum vitamin C, D, E, food supplement, madu dan obat dokter
  7. Selalu sabar dan tawakal

Sehat sehat sehat !!!

(Ngurah Budi)

To Top