Bali

Gairahkan UMKM, Dinas Koperasi dan UMKM Bali Berikan Ini

Denpasar (cybertokoh.com) –

Guna menggairahkan kembali pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah di tengah pandemi Covid-19, pemerintah Provinsi Bali melalui Dinas Koperasi dan UMKM merancang berbagai program. Salah satunya dengan memberikan bantuan penguatan modal kepada pelaku UMKM sebagai modal dalam pengembangan usahanya. Hal tersebut dikatakan Kepala Koperasi dan UMKM Provinsi Bali drh. I Wayan Mardiana, M.M., Rabu (6/1).

Bantuan berupa kredit lunak yang diberikan merupakan kerjasama dengan Bank Pembangunan Daerah Bali. Ada dua jenis kredit yang bisa diajukan oleh pelaku UMKM, yaitu kredit tanpa anggunan atau kredit dengan anggunan. Pengajuan kredit dibawah 50 juta,  tidak menggunakan anggunan sementara pengajuan kredit di atas 50 juta menggunakan anggunan atau jaminan.

Saat ini pihaknya tengah melakukan pendataan dan validasi terhadap UMKM-UMKM yang ada di Bali. Dari data yang telah diterima terdapat 62.000 jenis UMKM dari 9 kabupaten di Bali dengan berbagai produk yang telah terdata di Dinas Koperasi dan UMKM. Sementara dari laporan dilapangan secara keseluruhan jumlah UMKM mencapai 327.000. Ke depan pihaknya akan terus melakukan pendataan dan pembaruan sehingga mendapatkan data yang valid.

“Kami akan lakukan pendataan secara online sehingga UMKM memiliki wadah di dalam suatu website sehingga mempermudah pemerintah dalam melakukan pembinaan dan pemberian program bantuan,” jelasnya.

Pihaknya tidak menampik selama pandemi Covid-19 pelaku UMKM mengalami penurunan pendapatan 50 % hingga 70 %. Pelaku UMKM diharapkan dapat meningkatkan penjualan produk dengan memanfaatkan media sosial dan platfom penjualan digital. Apalagi pemerintah Provinsi Bali melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian bergandengan dengan Dekranasda Provinsi Bali telah memberikan wadah kepada Pelaku UMKM melalui program Bali Bangkit.

“Program Bali Bangkit telah mampu meningkatkan penjualan produk UMKM bahkan saat ini sudah sampai tahap ketiga, tahap pertama dan kedua mampu meningkatkan penjualan hingga 1,6 miliar,” pungkasnya. (Wiwin Meliana)

To Top