Connect with us

Karangasem

Ny. Putri Koster Berikan Semangat KWT Desa Nongan

Published

on

Karangasem (cybertokoh.com) –

Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Bali Ny. Putri Suastini Koster menghadiri kegiatan penanaman perdana pisang cavendish di Desa Nongan, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem, Minggu (27/12). Meski diguyur hujan deras, istri Gubernur Bali ini tetap antusias hadir untuk memberikan semangat dan motivasi kepada warga Desa Nongan, khususnya Kelompok Wanita Tani (KWT) Taman Sari Desa Nongan.

Pada kesempatan ini, Ny. Putri Koster menyatakan menyambut baik pengembangan pertanian di Desa Nongan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Wanita yang biasa disapa Bunda Putri ini menilai Bali mestinya tidak hanya kuat dalam bidang pariwisata, tapi juga sektor pertanian dan kerajinan. Menurutnya, segitiga ini harus kuat untuk saling menopang perekonomian Bali saat pariwisata terpuruk.

“Tentu saja harus didukung oleh keuletan, kegigihan dan semangat masyarakat,” ujarnya. Seniman multitalenta ini mengatakan Kelompok Wanita Tani harus diperkuat karena para perempuan menjadi garda terdepan saat pandemi. Ia mengingatkan harus dibuatkan sistemnya dari hulu ke hilir.  Agar jangan sampai disuruh menanam, tapi bibit tidak ada, pemasarannya juga kemana. Semua harus dikawal.

Advertisement

Bunda Putri yang getol mempromosikan konsumsi produk pertanian lokal berharap Bumdes ikut berperan dalam menjaga hasil pertanian agar harganya tidak anjlok. “Selain untuk keperluan sendiri seperti digunakan pada upacara adat, juga bisa dijual. Kemana akan menjual, siapa yang akan memfasilitasinya, ini harus diperhatikan agar harga hasil panen tidak dipermainkan tengkulak. Saya sangat berharap, hasil pertanian harus memberikan kesejahteraan kepada petani,” pinta Bunda Putri Koster.

BACA  Pandemi Covid-19 Melandai, Ketua TP PKK Bali Tetap Ingatkan Disiplin Prokes

Menurutnya di sinilah kehadiran pemerintah untuk membuatkan sistemnya dari hulu ke hilir agar pertanian berdaya guna dan mampu memberikan kesejahteraan kepada petani.

Ny. Putri Koster juga mengingatkan, pentingnya disiplin protokol kesehatan selama pandemi. “Ekonomi tetap jalan, protokol kesehatan juga jalan,” ujarnya.

Perbekel Desa Nongan, Wayan Daging mengatakan penanaman pisang cavendish sangat menjanjikan.  Selain kualitas bagus, kaya akan gizi, pisang ini juga dapat dijadikan bahan  untuk upacara adat. “Selama ini  kebutuhan pisang lebih banyak didatangkan dari luar Bali. Petani Nongan ingin  mengisi kebutuhan tersebut,” ujarnya. (Eka Nanda)

 

Advertisement

 

Karangasem

Percepat Vaksinasi untuk Penyandang Disabilitas, Ini yang Dilakukan Ketua TP PKK Bali

Published

on

Karangasem (cybertokoh.com) –

Guna mempercepat penuntasan vaksinasi Covid-19 bagi kelompok disabilitas, Ketua TP PKK Provinsi Bali Ny. Putri Suastini Koster melakukan jemput bola. Bersama tim, mereka mendatangi rumah disabilitas di Banjar Jangu, Desa Duda, Kecamatan Selat, Kabupaten Karangasem, Jumat (3/9).

Ny. Putri Koster bersama rombongan TP PKK Provinsi Bali mengawali peninjauan di SMAN 1 Selat, Kabupaten Karangsem yang menjadi salah satu lokasi vaksinasi bagi kelompok disabilitas. Dari pantauan di lokasi vaksinasi, tak banyak kaum disabilitas yang datang sehingga Ny. Putri Koster memutuskan untuk membawa tim vaksinator mendatangi kediaman mereka.

Dua kediaman penyandang disabilitas yang didatangi yaitu I Kadek Dwi Arta Primantara (28), seorang pemuda yang mengalami lumpuh layu di Banjar Jangu, Desa Duda. Masih di banjar yang sama, Ny. Putri Koster dan rombongan juga menyambangi kediaman Ni Wayan Kutang, seorang perempuan tunanetra.

Advertisement

Selain mengecek status vaksinasi keduanya, wanita yang akrab disapa Bunda Putri juga memberi edukasi terkait pentingnya manfaat vaksinasi. Ia menekankan, dengan vaksinasi, bukan berarti virus tak bisa masuk ke dalam tubuh seseorang. Tetapi, jika sudah memperoleh vaksin, tubuh akan membentuk sistem imunitas yang mampu mencegah gejala berat ketika terpapar Covid-19. “Karena itu, saya ingatkan lagi, protokol kesehatan tetap harus dilaksanakan dengan disiplin,” tegasnya.

BACA  Ny. Seniasih Giri Prasta Terima Kunjungan Ketua TP PKK Provinsi Bali

Terkait dengan vaksinasi dengan sasaran khusus kelompok disabilitas, ia menginformasikan bahwa ini merupakan perhatian khusus dari Presiden RI Joko Widodo yang memberikan 22.600 dosis vaksin Covid-19 jenis sinopharm bantuan Uni Emirat Arab untuk Bali. Vaksin ini secara khusus diperuntukkan bagi kaum disabilitas serta Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) yang sudah berusia 18 tahun.

Untuk mempercepat pendistribusian dan penggunaan vaksin, ia mengerahkan seluruh kader PKK mulai tingkat kabupaten/kota, kecamatan hingga desa untuk bersinergi dan bergotong-royong menyukseskan program vaksinasi bagi kaum disabilitas di seluruh Bali. Dilaksanakan dari tanggal 2-4 September 2021, vaksinasi digelar secara bergantian di tingkat kabupaten dengan memanfaatkan sekolah sebagai tempat vaksinasi. Namun, dari hasil evaluasi selama dua hari berjalan, jumlah disabilitas yang mengikuti vaksinasi tak begitu banyak.

Menurutnya, hal tersebut bukan disebabkan rendahnya animo para disabilitas, namun karena sebagian dari mereka telah diikutkan pada vaksinasi di banjar masing-masing. Berdasarkan hasil evaluasi itu, untuk mengantisipasi masa kadaluwarsa, alokasi vaksin sinopharm itu nantinya juga akan diberikan kepada masyarakat umum yang belum divaksin.

BACA  “Tegur Sapa” Ketua TP PKK Provinsi Bali dengan Nelayan Patasari

Ny. Putri Koster menegaskan, TP PKK akan terus berperan aktif untuk menyukseskan program vaksinasi Covid-19. Pada kesempatan itu, ia juga menyampaikan rasa terima kasih kepada tenaga kesehatan dan petugas vaksinator yang punya andil besar dalam penanganan Covid-19. Sebagai wujud terima kasih, ia mengajak masyarakat tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan seperti penggunaan masker, rajin mencuci tangan dengan sabun di air yang mengalir, menghindari kerumunan (menjaga jarak fisik) dan mengurangi mobilitas.

Advertisement

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kependudukan dan Catatan Sipil Provinsi Bali Putu Anom Agustina menyampaikan, jumlah penyandang disabilitas yang terdata sebanyak 10.703 dan 88,56 persen telah berusia 18 tahun ke atas. Disebutkan olehnya, kelompok inilah yang menjadi sasaran pelaksanaan vaksinasi sinopharm yang difasilitasi TP PKK Provinsi Bali. (Ngurah Budi)

Continue Reading

Karangasem

KPU Karangasem Sambut Sinergi dengan SMSI Bali

Published

on

Karangasem (cybertokoh.com) –

Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Provinsi Bali kembali menggelar roadshow ke KPU di daerah pilkada. Jumat (14/8) roadshow ke KPU Karangasem. Dalam pertemuan itu, SMSI menyampaikan program Gerakan Edukasi ‘Pilkada Tanpa Hoax, Tanpa Provokasi’.

Ketua SMSI Bali Emanuel Dewata Oja menjelaskan, program edukasi itu sekaligus mensosialisasikan Pilkada Serentak di Bali untuk meminimalisir potensi peredaran hoaks di medsos.

“Hoaks yang beredar di medsos tertinggi tentang Politik, unsur SARA dan Kesehatan. Untuk menekan itu kami mengajak KPU Karangasem untuk bersinergi,” kata Ketua SMSI Bali yang akrab disapa Edo ini.

Advertisement

Edo juga menjelaskan terkait latarbelakang organisasi yang menjadi konstituen Dewan Pers itu. SMSI menjadi salah satu konstituen Dewan Pers untuk media online, berdasarkan Surat Keputusan Dewan Pers No 22 Tahun 2020.

SMSI Bali sendiri saat ini memiliki 25 anggota media online dan telah terseleksi. Dengan demikian, kata Edo, dari sisi legalitas, media online dibawah bendera SMSI Bali telah memenuhi persyaratan pendirian media online sesuai regulasi pemerintah dan Dewan Pers.

BACA  Percepat Vaksinasi untuk Penyandang Disabilitas, Ini yang Dilakukan Ketua TP PKK Bali

“Organisasi media online cukup banyak tapi yang resmi sebagai konstituen Dewan Pers untuk media online hanya ada 2 yakni, SMSI dan AMSI,” jelasnya.

Ketua Divisi Sosialisasi Partisipasi Pemilih KPU Kabupaten Karangasem Ni Putu Deasy Natalia mengatakan, dalam tahap Pilkada ini, pihaknya sangat membutuhkan peran media dalam mensosialisasikan program dan kegiatan yang ada.

Dalam masa masih pandemi covid-19 seperti sekarang, pergerakan massa sangat terbatas. Sebagai gantinya, KPU menyiapkan materi tahapan Pilkada melalui platform digital. Pihaknya menyambut baik sinergi yang akan dilakukan bersama SMSI Bali.

Advertisement

“Kami disini aktif turun ke tengah masyarakat dalam sosialisasi Pilkada. Kegiatan itu juga terdokumentasi secara digital dan didistribusikan melalui media, baik medsos maupun media cetak dan elektronik,” jelas Deasy.

‘Gerakan Edukasi Pilkada tanpa Hoax, Tanpa Provokasi’ yang diprogramkan SMSI Bali menurutnya, selaras dengan apa yang dilakukan KPU Karangasem. Sehingga, kedua belah pihak tinggal mematangkan konsep dan teknisnya.

“Kami diminta sosialisasi secara masif tentunya ruang gerak ke masyarakat terbatas, di tengah pandemi seperti sekarang. Kedepan kita programkan kegiatan iklan dan pengumuman melalui media, cuma masih menunggu teknis. Prinsipnya berkeadilan,” jelas Deasy. (rls/Ngurah Budi)

BACA  Ny. Putri Koster Luncurkan Buku “Kata Hatinya”

Advertisement
Continue Reading

Tren