Kreasi

“Sip Setiap Saat”, Pameran Tak Biasa di Kala Pandemi Covid-19

Denpasar (cybertokoh.com) –

Sejak Maret 2020, pandemi Covid-19 membuat semua sektor kehidupan “diam”. Hampir tak ada aktivitas yang dilakukan di luar rumah. Dunia seni pun ikut terdampak. Pameran seni menjadi hal langka.

Di penghujung tahun 2020, lebih dari 50 seniman berkolaborasi menghadirkan karya seni yang tak biasa. Pameran bertema ” Sip Setiap Saat” ini digelar di Galeri Griya Santrian, Sanur.

Yoga Partha, kurator pameran ini menuturkan tema “Sip Setiap Saat” terinspirasi judul karya maestro Sudjojono, “Sip Dalam Segala Cuaca”. “Pandemi persoalan besar. Jaga imun dan kesehatan saat pandemi. Ini harapan dan spirit bersama,” ujarnya dalam jumpa wartawan di Sanur, Selasa (22/12)

Ia menjelaskan melalui pameran ini seniman bisa kedepankan visi tentang persoalan yang sedang dihadapi. Tidak ada batasan eksplorasi. “Kami ingin pameran beda, kekaryaan seniman yang tidak perlu diragukan. Kami beri mereka tantangan untuk hadir di luar kebiasaan. Tapi saling terkait dan terikat satu sama lain, saling mendukung. Menyejajarkan semua kreativitas. Tidak terhenti pada apa yang tersaji, akan ada kajian bersama. Ini pameran yang tidak biasa,” imbuhnya didampingi Dolar Astawa dari Galeri Santrian dan perupa seperti Made Susanta, Made Wiradana, dan Made Palguna.

Yoga juga menjelaskan pameran tidak hanya menampilkan karya perorangan dari seniman. Ada juga karya kolaborasi, diantaranya karya Erawan bersama anaknya. Ada juga karya lukis di daun lontar serta seni lukis di guci. “Sejak awal Desember, venue-venua seni mulai diaktivasi. Banyak muncul scene-scene baru. Pariwisata Bali dimulai dari art. Ini yang akan terus kita jaga semangatnya,” tegas Yoga.

Dolar Astawa menambahkan pameran dimulai 24 Desember dimeriahkan penampilan Erawan pada pukul 12.00. Pada 28 Desember, Indra Lesmana yang akan tampil.

“Ada nilai plus ketika berkolaborasi. Event ini menantang dan jadi penanda di akhir tahun. Ke depan, seniman dan galeri biar bisa tetap berkreasi,” ujar Palguna. (Ngurah Budi)

To Top