Komunitas

Rumah Sepeda Indonesia Bali, Ciptakan Ekosistem Baru Persepedaan

Denpasar (cybertokoh.com) –

Setelah di Jakarta, Semarang, dan Bandung, kini Rumah Sepeda Indonesia (RSI) hadir di Bali. Rumah bagi penggiat sepeda ini diresmikan Wagub Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati, Jumat (18/12) diawali dengan gowes bersama dari rumah dinas Wagub menuju RSI Bali di Jalan Teuku Umar, Denpasar.

Fahmi Saimima, project leader RSI menuturkan keberadaan RSI tak bisa dilepaskan dari pergerakan Bike to Work sejak tahun 2004. “Setelah 16 tahun berjalan, kami punya ide besar yang dirancang mulai Agustus 2020. RSI hadir sebagai rumahnya pesepeda, rumah singgah pesepeda, dan ruang ekspresi bagi pesepeda dan UKM. Kami ingin menghadirkan ekosistem baru persepedaan,” ujar pria yang juga tim advokasi Bike to Work Indonesia ini saat jumpa pers Kamis (17/12).

Ia menambahkan pandemi Covid-19 ini ternyata memberi dampak positif bagi persepedaan. Orang yang bersepeda makin banyak dan penjualan sepeda ikut meningkat. “Ada produsen sepeda yang hampir menghentikan produksi karena Covid-19. Ternyata saat pandemi malah banyak yang beli sepeda. Hasil riset di Jakarta, penjualan sepeda meningkat hingga 40 persen. Budaya bersepeda kembali bangkit, ini merupakan momentum bagus bagi persepedaan” ungkap Fahmi.

Di RSI selain menjadi rumah bagi pesepeda akan ada toko yang menjual sepeda berikut part dengan harga kompetitif. Bahkan cenderamata pun ikut dijual sebagai bentuk dukungan untuk UKM. Persentase penjualan akan dipakai biaya operasional RSI.

Ketua Bike to Work Bali sekaligus Ketua Samas Bali Endra Datta menjelaskan budaya bersepeda yang bangkit kembali saat pandemi Covid-19 menjadi salah satu alasan dibukanya RSI Bali.

“Samas atau Serikat Bersama Sepeda terbentuk 2009 sebagai forum komunikasi klub sepeda di Bali. Atas dukungan Bike to Work, kami berhasil membuat car free day di Renon yang kemudian berkembang hampir di semua kabupaten/kota di Bali. Sekarang sepeda marak lagi, jadi ada dorongan untuk menghadirkan CSI di Bali,” ujar Endra yang didampingi Made Gede Sugiartha alias Dek Otel yang bertugas mengelola RSI Bali.

“Kami sudah bekerja sama dengan beberapa UKM yang akan menyiapkan cenderamata spesial untuk pesepeda. Salah satunya cenderamata Patung Catur Muka yang menjadi ikon Denpasar. Ke depan, penggiat kuliner juga akan kami libatkan untuk meramaikan RSI Bali ini,” ujar Dek Otel yang sudah dua kali bersepeda Denpasar-Jakarta ini. (Ngurah Budi)

To Top