Buleleng

Pemuda Hindu Buleleng Galang Donasi Sekaligus Sosialisasikan Prokes

Buleleng (cybertokoh.com) –
Sejumlah organisasi pemuda yang tergabung dalam Aliansi Pemuda Hindu Buleleng megelar aksi pengumpulan donasi untuk korban bencana erupsi gunung Gunung Ili Lewotolok, Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur (NTT). Aksi tersebut dilaksanakan selama dua hari berturut-turut yaitu dari 10-11 Desember 2020 di tiga lokasi yakni Traffic Light Penarukan, Traffic Light Menuju Pantai Penimbangan, dan Traffic Light Dewi Sartika.

Penggalangan donasi ini juga digabungkan dengan kegiatan sosialisasi terkait penerapan protokol kesehatan khususnya penggunaan masker. Dimana setiap pengendara yang berdonasi dengan jumlah berapapun itu akan diberikan ganti berupa masker sebagai bentuk apresiasi kepedulian setiap pengendara terhadap sesama ditengah pandemi Covid-19.

Putu Esa Purwita selaku Kordinator Aksi menyampaikan bahwa terselenggaranya kegiatan ini tidak lain merupakan wujud rasa kepedulian antar sesama, pasalnya ditengah pandemi covid-19 justru masyarakat di Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur (NTT) diterjang oleh erupsi dari gunung Ili Lewotolok. Tentunya ini akan menjadi beban tambahan buat masyarakat disana, sehingga Ia bersama organisasi lainnya yang terdiri dari Persadha Nusantara, Aliansi Pemuda Hindu Bali, dan KMHD YBV Undiksha terketuk untuk menggelar aksi tersebut. “Aksi ini tidak lain sebagai wujud kepedulian antar sesama, apalagi sekarang ini pandemi tentunya juga jadi tamparan keras buat saudara-saudara kita disana,” jelasnya, Sabtu (12/12)

Dalam aksi ini pula digunakan sebagai momen untuk mensosialisasikan pentingnya penerapan protokol kesehatan terhadap setiap pengendara yang melakukan donasi. Sosialisasi diwujudkan dalam bentuk pemberian masker agar masyarakat bisa lebih disiplin dan penyebaran Covid-19 bisa terputus. “Saat aksi ini, untuk masyarakat yang memberikan donasi berapapun itu kami berikan masker dan ingatkan terapkan prokes,” imbuhnya.

Sementara itu dari aksi ini dana yang terkumpul nantinya akan disalurkan langsung melalui Pimpinan Daerah KMHDI NTT. Sampai berita diturunkan total dana terkumpul mencapai angka Rp. 6,078,000. Sehingga dengan total tersebut diharapkan bisa membantu meringankan beban korban yang mengungsi akibat bencana tersebut. “Total dana terkumpul kami akan salurkan langsung lewat PD KMHDI NTT disana, kami sangat berterima kasih kepada masyarakat Buleleng, yang dimaba rasa kepeduliannya masih ada meski di masa pandemi seperti sekarang,” tutupnya. (Wiwin Meliana)

To Top