Buleleng

Sekolah Tatap Muka, Ini Syaratnya 

Buleleng (cybertokoh.com) —

Pemerintah melakukan penyesuaian terkait pemberian izin atas kegiatan belajar tatap muka di sekolah pada semester genap tahun ajaran 2020/2021. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memberi izin bagi sekolah mulai belajar tatap muka pada Januari 2021. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI memberikan kewenangan pada pemerintah daerah (pemda) untuk memberikan izin pembelajaran tatap muka.

Menyikapi hal tersebut Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Buleleng Made Astika menyebut berbagai persiapan telah dilakukan untuk menyiapkan sekolah tatap muka. Penerapan protokol kesehatan dan sarana cuci tangan harus dilengkapi di masing masing sekolah. “Sudah sarana prasarana untuk penerapan prorokol kesehatan sudah sangat siap, setiap sekolah sudah menyiapkan itu,”jelasnya.

Astika menyebut meski di tahun 2021 pemerintah telah mengizinkan sekolah tatap muka, hanya saja pemda tetap akan mempertimbangkan izin dari masing-masing orang tua siswa. Pihaknya tidak ingin dengan adanya pembukaan sekolah terjadi klaster penularan Covid-19 pada daerah daerah yang masih terjadi kasus terkonfirmasi positif Covid-19. “Izin orang tua akan tetap menentukan aekolah itu akan menggelar tatap muka atau tidak karena kami tidak ingin ada klaster baru,” ungkap Astika.

Pihaknya akan menerapkan pola pembelajaran dengan membuat dua shift pembelajaran. Sekali pembelajaran tatap muka hanya boleh diikuti 50 persen dari jumlah siswa per kelas. Pihaknya berharap guru-guru dapat membuat pola pembelajaran yang menyenangkan sehingga siswa dan orang tua tidak lagi diberatkan. “Nanti dipastikan tidak semua sekolah akan melakukan tatap muka, yang masih bisa daring silakan daring tetapi yang melakukan tatap muka harus belajar secara bergilir,” pungkasnya. (Wiwin Meliana)

(Visited 1 times, 1 visits today)

Terkini

To Top