Buleleng

Hasil Tes PCR Valid,  RSUD Buleleng Siap Lakukan Tes Mandiri

Buleleng (cybertokoh.com) –

Validitas hasil laboratorium Polymerase Chain Reaction (PCR) yang terdapat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Buleleng, Bali sudah sama dengan hasil PCR di RSUP Sanglah. Sehingga saat ini Kabupaten Buleleng sudah bisa melakukan pemeriksaan hasil tes usap secara mandiri.

Hal itu disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Buleleng Gede Suyasa saat ditemui usai mengikuti rapat dengan Pimpinan DPRD Kabupaten Buleleng terkait dengan pembahasan  APBD tahun 2021, di Gedung DPRD Kabupaten Buleleng, Rabu (25/11).

Gede Suyasa menjelaskan, sebelumnya hasil pemeriksaan tes usap di laboratorium PCR yang ada di Kabupaten Buleleng memang belum sinkron dengan hasil yang didapat di RSUP Sanglah. Namun, pada operasional tahapan keempat akhirnya hasilnya cukup valid. Bahkan pada tahap kelima sudah benar-benar sama dengan hasil di RSUP Sanglah.

“Tapi kami tetap memberikan laporan dulu ke Provinsi kemudian Provinsi melaporkan ke pusat, karena ijinnya belum turun. Kalau ijin sudah turun, kita bisa langsung laporkan hasilnya ke pusat dalam hal ini ke Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Republik Indonesia,” jelasnya.

Khusus yang melakukan tes usap untuk perjalanan mandiri, sudah bisa dilakukan di RSUD Buleleng dan dikenakan biaya. Namun jika tes usap yang dilakukan dari hasil pelacakan oleh pemerintah, itu akan ditanggung biayanya. “Kita juga masih ada stok reagen untuk keperluan pelacakan kasus. Tapi, kalau untuk tes usap masal itu belum ada dan sudah kami ajukan ke Provinsi. Sehingga tes usap masal belum dilanjutkan,” imbuh Suyasa. (Wiwin Meliana)

To Top