Mozaik

Ini Solusi untuk Pedagang Pasar di Masa Pandemi Covid-19

Denpasar (cybertokoh.com) –

Sebagai bentuk dukungan BRI terhadap sektor UMKM untuk dapat bertahan di masa pandemi Covid-19, BRI mengeluarkan program Web Pasar. Website Pasar BRI merupakan salah satu inovasi yang ditujukan untuk membantu para pedagang pasar agar tetap dapat berjualan. Keberadaan website tersebut menjadi solusi sekaligus alternatif bagi para pedagang untuk berinteraksi dengan konsumen tanpa tatap muka. Hal ini mendukung pelaksanaan protokol kesehatan cegah Covid-19, salah satunya menjaga jarak.

Pemimpin Wilayah BRI Denpasar Ida Bagus K. Subagia mengatakan dukungan digitalisasi transaksi di pasar-pasar ini ditujukan agar para pedagang pasar terbantu memasarkan dagangannya kepada konsumen secara virtual tanpa harus bertemu secara langsung di lokasi pasar. Produk yang bisa dibeli antara lain sembako, sayuran, daging, buah-buahan, dan berbagai kebutuhan lainnya melalui website yang langsung terhubung dengan penjual di pasar.

“Web Pasar BRI yang tergabung dalam Pasar.id merupakan salah satu cara yang dapat digunakan oleh masyarakat  dalam memenuhi kebutuhan pokok maupun barang rumah tangga lainnya tanpa harus keluar rumah.   Cukup masuk ke website pasar.id, maka pembeli akan diarahkan kepada website pasar terdekat. Kemudian pembeli akan langsung memilih barang yang dibutuhkan dan melakukan transaksi pembayaran menggunakan transfer rekening maupun QRIS. Setelah transaksi berhasil maka kurir/admin pasar akan mengantar barang sesuai lokasi yang ditetapkan,” ujarnya.

Saat ini jumlah Web Pasar BRI se-Kanwil BRI Denpasar mencapai 309 Web Pasar dengan jumlah pedagang yang telah terdaftar sebanyak 2.469 pedagang. Khusus untuk Provinsi Bali, terdapat 140 Web Pasar dengan jumlah pedagang terdaftar sebanyak 1.279 orang. Transaksi di 140 Web Pasar se-Bali tersebut telah dilakukan sebanyak  2.989 transaksi dengan nominal  Rp153 juta.

Guna mendukung program pemerintah dalam menggerakkan roda perekonomian saat pandemi Covid-19, sampai dengan Oktober 2020, BRI Kanwil Denpasar telah menyalurkan pinjaman KUR Mikro BRI sebesar Rp 6,70 T dan khusus di Provinsi Bali telah tersalurkan sebesar Rp 3,18 T dengan pencapaian target 71%.

Salah satu sumber calon debitur KUR BRI juga berasal dari permohonan pinjaman pelaku UMKM melalui kurbali.com yang merupakan kerjasama Pemerintah Provinsi Bali dengan OJK Regional 8 Bali Nusra.

Dalam hal memperkuat ekonomi nasional dimasa pendemi Covid-19, sekaligus mendukung program pemerintah yaitu Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), BRI juga menyalurkan pinjaman KUR Super Mikro yang telah dimulai sejak 7 September 2020. Kredit KUR Super Mikro ini sangat membantu untuk menambah modal usaha para pelaku usaha dengan plafond pinjaman maksimal Rp10 juta tanpa agunan.

Kanwil BRI Denpasar diberikan target penyaluran KUR Super Mikro sebesar Rp 390 M dan telah tersalurkan sebanyak Rp 206,28 M. Khusus untuk  Provinsi Bali, dari kuota Rp 177 M,  telah tersalurkan sebesar Rp 96,94 M. “Kami optimis dapat menyalurkan seluruh target kuota KUR BRI dan KUR Super Mikro BRI hingga akhir tahun 2020 ini, “ imbuh Subagia. (Ngurah Budi)

 

To Top