Metropolitan

Dalam Satu Bulan Terakhir Kasus Aktif Covid 19 Turun 6,79%

Jakarta (cybertokoh.com) –

Kinerja penanganan Covid 19 di Tanah Air membuahkan capaian-capaian yang cukup baik. Selain meningkatnya kemampuan pemeriksaan specimen, juga prosentasi kasus Covid 19 aktif mengalami penurunan yang signifikan dalam satu bulan terakhir ini.
Menurut catatan Satgas Penanganan Covid 19, dalam satu bulan terakhir terjadi penurunan kasus aktif sebesar 6,79 %. Dari sebelumnya 20 September lalu, persentase kasus aktif mencapai 23,6%, sebulan kemudian atau 21 Oktober menjadi 16,81%. Artinya terjadi penurunan 6,79%.

“Ini suatu prestasi yang luar biasa, ya. Dimana sekarang ini, banyak negara kasus aktifnya mengalami peningkatan, ” kata Ketua Satgas Penanganan Covid 19, Doni Monardo dalam acara dialog bertajuk “Keseimbangan Baru Penanganan Covid 19 dan Pemulihan Ekonomi” di Media Center Satgas Penanganan Covid 19, Jakarta, Kamis.
Selanjutnya, Doni juga menunjukkan bahwa angka kesembuhan pasien Covid 19 di Tanah Air juga mengalami peningkatan sebesar 7,2 %. Angka tersebut sekaligus telah melampaui standar WHO.

“Dari tanggal 20 bulan 9 (September), pada posisi 72,5 dan kita berada di bawah standar WHO, waktu itu, kalau tidak salah WHO sekitar 74-75, nah tanggal 21 itu berada pada posisi 79,73. Berarti, ada penambahan kasus sembuh itu mencapai lebih dari 7,20, per-7,20%,” jelas Doni.

Adanya peningkatan kesembuhan pasien Covid19 tersebut sekaligus menjadi bukti bahwa tenaga kesehatan, dokter, perawat dan tim medis lainnya semakin memiliki kapasitas dan kemampuan untuk merawat para pasien. Hal itu juga sekaligus menjadi prestasi yang patut diapresiasi.

“Kami semuanya menyampaikan terima kasih kepada tenaga dokter dan juga tenaga perawat, yang telah bekerja keras sehingga angka sembuh di seluruh daerah mengalami peningkatan,” ucapnya.

Peningkatan capaian tersebut, ujar Doni yang juga Kepala BNPB, tak lepas dari adanya kerja sama dan kerja keras dari seluruh komponen yang ada di daerah. Sehingga seluruh unsur yang terlibat dalam penanganan Covid 19 patut mendapatkan apresiasi.

“Ketua Satgas Daerah adalah pimpinan daerah, para gubernur, bupati, dan walikota. Kemudian, didukung oleh seluruh komponen yang ada, khususnya TNI dan Polri yang juga telah bekerja keras dalam beberapa bulan terakhir ini bersama-sama dengan pemerintah pusat termasuk juga pemerintah daerah, dan kami memberikan apresiasi kepada semua pihak, dan ini luar biasa,” pungkas Doni. (Diana Runtu)

To Top