Pelesir

Lakukan Hal Ini Saat Liburan Panjang

Denpasar (cybertokoh.com) –

Pemerintah melalui Satgas Penanganan Covid-19 gencar mewanti-wanti agar jangan sampai liburan panjang akhir Oktober 2020 ini menjadi pemicu meningkatnya jumlah kasus harian Covid-19. Kepala Satgas Penanganan Covid-19 Letjen. (TNI) Doni Monardo dalam talkshow “Potensi Penyebaran Covid-19 Ketika Libur Panjang,” pun  mengajak masyarakat memanfaatkan momentum libur panjang ini untuk menjaga kelestarian lingkungan.

“Sebagai contoh, saat ini musim hujan maka kita bisa menanam bibit pohon tertentu. Masyarakat di tingkat RT/RW agar bekerja sama membersihkan saluran air, selokan atau gorong-gorong yang dapat mengurangi kemungkinan terjadinya banjir karena curah hujan yang tinggi. Sebab, saat ini Indonesia sedang menghadapi  fenomena La Nina. Oleh karena itu kesiapsiagaan sekecil apapun harus dilakukan,” ujar Doni yang juga Kepala BNPB ini.

Bagi masyarakat yang ingin liburan panjang terutama di alam bebas maka salah satu hal penting yang wajib diketahui ialah terkait informasi cuaca sebab jika tidak akan berisiko. Sebagai contoh, saat berlibur di alam bebas tiba-tiba terjadi angin kencang yang bisa saja menumbangkan pepohonan atau ranting dan menimpa masyarakat di sekitarnya.

Doni mendorong masyarakat selain berlibur juga senantiasa menjaga lingkungan sebagai antisipasi apabila terjadi hal yang tidak diinginkan. Apabila hal-hal seperti itu dilakukan maka akan menimbulkan rasa kepuasan tersendiri bagi masyarakat. Sebab, selain liburan juga turut menjaga alam dan lingkungan sekitar secara bersama-sama.

Sebelum liburan diharapkan mencari tahu dan berkoordinasi dengan banyak pihak, terutama tentang cuaca dan zone penyebaran Covid-19. “Kalau ini sudah dilakukan, yang pertama aman dulu. Kemudian nyaman, artinya tidak tertular. Ketika ada di tempat-tempat ramai dan berkerumun berpotensi terjadi penularan. Selalu Ingat Pesan Ibu: Memakai Masker, Menjaga Jarak & Hindari Kerumuman, serta Mencuci Tangan dengan Sabun,” tegas Doni. (Ngurah Budi)

To Top