Pelesir

Tetap Patuhi Protokol Kesehatan saat Berlibur

Denpasar (cybertokoh.com) –

Jumlah kasus harian Covid-19 di Indonesia terus meningkat. Masyarakat diminta jangan lengah dan tetap waspada meskipun saat ini angka kesembuhan juga terus mengalami peningkatan. Hal ini diungkapkan Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Nasional Letjen (TNI) Doni Monardo, dalam streaming di akun YouTube BNPB, Kamis (22/10).

“Hari ini, kesembuhan mendekati 300 ribu orang. Ini harus diberikan apresiasi luar biasa, terutama pada para dokter yang bekerja keras, pada perawat dan tenaga kesehatan lainnya yang telah membanting tulang, telah mengabdikan seluruh waktu dan tenaganya bahkan jiwa raganya. Kesembuhan ini merupakan kerja keras semuanya,” tegasnya.

Menurut Doni, saat ini persentase kesembuhan nasional per 20 Oktober mencapai 79,61 persen. Jika dibandingkan selama periode 20 September hingga 20 Oktober, terjadi kenaikan sekitar 7 persen lebih.

“Masyarakat tidak boleh kehilangan kewaspadaan. Kehilangan kewaspadaan akan sangat cepat membalik keadaan,” ujarnya.

Doni juga mengingatkan momen liburan yang berisiko menambah kasus Covid-19. Pada libur Idul Fitri, pemerintah sudah dengan tegas menyatakan agar tidak mudik. “Kasus yang terjadi tidak mengalami peningkatan signifikan, walaupun ada peningkatan,” jelasnya. Kemudian ada libur Idul Adha, mulai ada pelonggaran dilanjutkan dengan liburan Tujuh Belas Agustus.

Karena itu, ia mengingatkan jangan sampai libur panjang di akhir Oktober ini menimbulkan masalah baru. Masyarakat harus mematuhi protokol kesehatan pada saat berlibur. “Patuhi protokol kesehatan selama liburan. Menggunakan masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan sering mencuci tangan. Jangan lupa terus berdoa pada Tuhan yang Maha Kuasa agar senantiasa diberi perlindungan. Termasuk juga tetap meningkatkan imunitas tubuh lewat olahraga teratur, makanan yang sehat, tidak boleh panik, dan harus gembira,” tegas Doni. (Ngurah Budi)

To Top