Kota Denpasar

Kuncinya: Iman, Aman, Imun

Denpasar (cybertokoh.com) –

Kepatuhan dan disiplin masyarakat melaksanakan protokol kesehatan sangat penting. Memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, serta menjaga jarak saat beraktivitas merupakan hal wajib yang dilakukan. Untuk terus mengingatkan protokol kesehatan ini, media memiliki peran strategis.

“Dari hasil survei, kami mendapatkan hasil, 63% peranan media sangat vital. Peran ini dibarengi dengan pelibatan tokoh berpengaruh seperti tokoh agama, tokoh pemuda, tokoh adat, dan yang lainnya. Selain itu upaya mitigasi juga melibatkan psikolog, antropolog, sosiolog serta ormas keagamaan,” ujar Kepala BNPB Letjen (TNI) Doni Monardo saat breafing peserta program Fellowship Jurnalisme Perubahan Perilaku (FJPP), Rabu (14/10).

Doni juga mengingatkan 3W menghindari Covid-19. “Wajib menjalankan ibadah sesuai agama (Iman). Wajib memakai masker, wajib menjaga jarak (hindari kerumunan), dan wajib mencuci tangan (Aman). Wajib olahraga teratur, wajib istirahat cukup, wajib tidak panik, wajib gembira, dan wajib makanan bergizi (Imun). Kombinasi Iman, Aman, dan Imun ini yang harus kita terapkan,” tegasnya.

Sebelumnya, Ketua TP PKK Provinsi Bali Ny. Putri Suastini Koster dan mengupas semuanya dalam Program Perempuan Bali Bicara “Peran PKK dalam Menekan dan Mencegah Penyebaran Covid-19 Melalui PHBS di Rumah Tangga”.

Bersama pengurus PKK juga diadakan Penggak PKK. Ini semacam warung kaget yang menyediakan berbagai bahan kebutuhan pokok. Ada 50 paket yang disiapkan untuk warga dan sistem pengambilan pun memperhatikan protokol kesehatan.

“Hal terpenting adalah kesehatan. Karena itu, kami terus menyosialisasikan tentang PHBS yang harus dimulai dari rumah tangga. Paling sederhananya, selalu mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Kalau harus keluar rumah, selalu pakai masker,” ujar perempuan yang akrab disapa Bunda Putri ini.

Ia menambahkan kini momen yang tepat untuk mengingatkan anggota keluarga agar melakukan PHBS. Semua harus disiplin untuk mengikuti anjuran pemerintah demi mencegah penyebaran Covid-19. “Pilih disiplin atau diisolasi,” tegasnya.

Perempuan yang juga seniman ini juga mengingatkan pentingnya olahraga di rumah. Misalnya menyapu, menyiram, berjemur, dan melakukan aktivitas ringan lainnya. Hal ini agar imunitas tubuh kuat. Disamping itu iman juga harus tetap dijaga. Selalu lakukan hal-hal yang membuat bahagia. “Imun dan iman harus seimbang, supaya kita tidak terpapar Covid-19,” ujarnya. (Ngurah Budi).

 

To Top