Sport

Jenuh Saat Pandemi Covid-19, Cobalah Olahraga Ini

Denpasar (cybertokoh.com) –

Pandemi Covid-19 masih berlangsung. Salah satu dampaknya, kita lebih banyak berada di rumah saja. Melakukan karantina mandiri di rumah, merupakan salah satu solusi terbaik jika tak ingin terjangkit Covid-19.

Tetapi, diam saja di rumah tentu membosankan.  Ini wajar dan sekarang memang sedang dirasakan oleh banyak orang. Oleh karena itulah beberapa orang melakukan aktivitas fisik di sekitar rumah, seperti berjalan kaki atau berlari sehingga tubuh tetap aktif dan menjauhkan kamu dari beragam penyakit.

Kesehatan, terkait daya tahan tubuh maupun segala sesuatu yang berhubungan dengan sistem imun sudah harus menjadi perhatian utama buat kamu di setiap waktu. Bukan hanya karena pandemi dan pada saat fase new normal seperti ini, memiliki daya tahan tubuh yang optimal adalah sebuah keharusan.

Aktivitas fisik yang rutin dilakukan dapat membawa manfaat seperti menurunkan tekanan darah tinggi, menjaga berat badan, dan mengurangi risiko penyakit jantung, stroke, diabetes tipe-2, serta beberapa jenis kanker. Bahkan aktivitas fisik juga membantu meningkatkan kesehatan mental, menurunkan risiko depresi, penurunan fungsi kognitif, dan mencegah terjadinya demensia alias penurunan daya ingat.

Ini tiga olahraga dan tips sederhana yang bisa kamu lakukan untuk menemani olahraga keliling rumah agar semakin bersemangat. Pertama,  jogging keliling kompleks. Tidak perlu turun ke jalan dan lari berkilo-kilometer untuk melakukan olahraga yang satu ini. Jogging adalah salah satu olahraga yang mudah dilakukan dan bisa dilakukan di mana saja – termasuk di kompleks perumahanmu. Melakukannya pun tidak perlu lama-lama. Cukup 20-30 menit setiap pagi dan rutin dilakukan, maka tubuh akan merasa lebih segar daripada sebelumnya. Untuk terus mencegah diri tidak terinfeksi virus Corona, tetap gunakan masker. Menggunakan masker saat olahraga direkomendasikan untuk saat-saat ini, asalkan olahraganya tidak memiliki intensitas yang tinggi. Saat jogging selama 20-30 menit, tetap bisa menggunakan masker. Setelah jogging selesai, pastikan mengganti seluruh pakaian olahraga dan mandi sampai bersih.

Kedua,naik turun tangga. Jika merasa tidak ingin keluar rumah dan tetap ingin olahraga dengan intensitas seperti jogging, naik-turun tangga adalah alternatif olahraga. Sama dengan jogging, naik-turun tangga bisa meningkatkan detak jantung. Olahraga yang satu ini akan memperbesar masa otot tubuh bagian bawah, ditambah stamina tentu akan naik. Dengan melakukan olahraga murah nan ringan ini kita tidak akan mudah lelah mesti sudah beraktivitas seharian penuh.

Ketiga, main skipping. Tidak jauh berbeda dengan naik-turun tangga, bagi yang ingin berolahraga di rumah saja sebelum mulai aktivitas rutin, main tali skipping bisa jadi pilihan. Skipping dinilai cocok untuk membantu memelihara kesehatan jantung, dan juga bisa menurunkan berat badan.

Tips agar semakin bersemangat saat melakukan olahraga adalah memutar musik. Mendengarkan musik sambil berolahraga dapat menjadi pilihan terbaik dan memiliki sejumlah faedah. Mengutip dari Huffington Post, mendengarkan musik selama berolahraga akan meningkatkan kemampuan atletik hingga 15 persen. Selain itu, pikiran jadi lebih fokus dan aktivitas olahraga yang dilakukan terasa lebih mengasyikkan. Bahkan, musik bisa membuat olahraga berat terasa ringan sehingga perasaan jadi lebih enjoy. (Ngurah Budi)

 

 

To Top