Edukasi

PKKMB Undhira Terapkan Prokes Covid-19

Badung (cybertokoh.com) –

Universitas Dhyana Pura (Undhira) melaksanakan acara pembukaan PKKMB (Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru UNDHIRA) secara daring pada Kamis (1/10). Acara yang bertepatan dengan peringatan hari Kesaktian Pancasila ini dibuka oleh Rektor Universitas Dhyana Pura Dr. I Gusti Bagus Rai Utama, S.E., MMA., MA. PKKMB 2020  bertema “Teladan dan Unggulan” dan sub tema “Membentuk Generasi yang Percaya Diri dan Berkualitas Memasuki Era Baru”.

Kepada para mahasiswa yang baru, Rektor Undhira berharap mereka dapat mengikuti acara PKKMB ini dengan menerapkan protokol kesehatan dari tempat atau rumah masing-masing. Pembukaan ditandai dengan penyematan tanda peserta oleh Kepala LLDIKTI VIII Prof. Dr. I Nengah Dasi Astawa kepada 546 orang peserta yang diwakili oleh 2 orang mahasiswa, I Nyoman Daichi Saka Buana Surna (Manajemen) dan Kadek Jegeg Ayu Novi Anjuani (Akuntansi).

Pada kesempatan itu, Prof. Dasi juga memberikan sambutan dan motivasi dengan topik “Kampus Merdeka dan Merdeka Belajar”. Ia berpesan antara lain, jika ingin menjadi orang yang percaya diri dan berkualitas harus hidup dengan penuh CINTA KASIH yang dijabarkan antara lain melalui Cerdas, Integritas, Norma, Transformatif, Arif/Bijaksana. Salah satu dari unsur ini misalnya di saat pandemi Covid-19 adalah Norma/aturan; yang harus ditaati, misalnya wajib memakai masker, wajib mencuci tangan dan sebagainya.

Di era adaptasi kebiasaan baru ini, Prof. Dasi juga mengajak mahasiswa baru Undhira dalam cara belajar agar mampu beradaptasi, bertransformasi karena generasi muda adalah agent of change. Prinsip belajar Kampus Merdeka pesan beliau agar kampus yang merdeka juga tidak merugikan mahasiswa, open minded, serta harus cerdas mengelola lembaga pendidikan.

Rektor Undhira Dr. I Gusti Bagus Rai Utama, S.E., MMA., MA yang juga menjadi pembicara di hari pertama menyampaikan materi terkait kondisi terkini Universitas Dhyana Pura. “Undhira dengan akreditasi predikat B memiliki 15 prodi terakreditasi, ada 6 progam studi telah terakriditasi nilai B serta kualifikasi dosen sudah 15% bergelar Doktor atau Strata 3. Sedangkan peringkat di tingkat nasional dari 4000 lebih Perguruan Tinggi, Universitas Dhyana Pura menempati posisi di urutan ke-206,” ujarnya.

Ia juga menjelaskan kampus Undhira terkenal dengan situasi dan lingkungan yang nyaman, aman dan sangat hijau.  Mahasiswa yang rindu untuk ke kampus untuk belajar diingatkan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Ketua Panitia PKKMB 2020 Dr. Dermawan Waruwu berharap kepada mahasiswa baru mampu mengikuti PKKMB 2020 dengan baik, sampai selesai meskipun berlangsung secara daring.

Di hari pertama pula, Wakil Rektor Bidang Akademik, Riset dan Inovasi Dr. Ni Made Diana Erfiani  memberikan penjelasan kepada mahasiwa baru secara daring menyampaikan antara lain penerapan Kampus Merdeka. Selanjutnya Wakil Rektor Bidang Operasional, SDM, Pemasaran, Dr. Drs. R.Tri Priyono Budi Santoso, S.E.,M.M.  menjelaskan Struktur Organisasi Undhira. (Ngurah Budi)

 

 

To Top