Sport

Berolahraga Sambil Dengarkan Musik, Ini Manfaatnya

Denpasar (cybertokoh.com) –

Pandemi Covid-19 belum selesai. Untuk antisipasi, beberapa wilayah kembali memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar. Di Bali, Pemerintah Provinsi Bali telah menyusun Protokol Tatanan Kehidupan Era Baru melalui Surat Edaran No. 3355 Tahun 2020, yang diperkuat dengan Pergub No. 46 Tahun 2020 tentang Disiplin Protokol Kesehatan untuk Mencegah Penyebaran Covid-19. Aktivitas masyarakat kembali diimbau agar tetap dilakukan di rumah guna menghindari penyebaran virus yang kian meluas.

Tetap berada di rumah tentu bakal membuat orang cepat merasa bosan. Untuk menghindari hal tersebut, kita bisa melakukan aktivitas menyenangkan selama di rumah, diantaranya bermain game, mendengarkan musik, hingga menonton streaming film. Namun jangan lupa untuk tetap mengatur pola hidup sehat dengan cara berolahraga agar daya tahan tubuh terjaga kuat sebagai salah satu benteng menghadapi penyakit.

Saat pandemi Covid-19, kita masih bisa tetap berolahraga tanpa harus keluar dari rumah. Ada beberapa tips dari Scripps Health (scripps.org) mengenai gerakan olahraga yang bisa dilakukan di rumah dengan mudah. Pertama, tenangkan pikiran suntuk dengan yoga. Yoga bisa menjadi pilihan favorit bagi yang ingin berolahraga selama masa karantina mandiri di rumah. Melakukan yoga di rumah dapat membuat pikiran lebih tenang ketika menghadapi ancaman penyakit yang ada di luar rumah. Selain itu, yoga juga dapat membuat tubuh terasa lebih rileks dan sehat saat suntuk dengan kegiatan di rumah.

Kedua, push up dan sit up. Keduanya adalah olahraga ringan yang mudah dilakukan orang ketika berada di rumah. Olahraga yang satu ini memang sangat banyak manfaatnya untuk tubuh seseorang. Push up dapat memperkuat otot lengan sedangkan sit up baik untuk melatih dan membentuk perut. Selain itu, kedua jenis olahraga ini juga dapat membakar kalori, menjaga kesehatan jantung, mencegah cedera bahu, menjaga punggung bawah, dan mengurangi risiko osteoporosis.

Ketiga, cardio efektif untuk memperkuat paru-paru. Olahraga kardiovaskular atau kardio merupakan kegiatan olah tubuh yang bertujuan memperkuat jantung dan paru-paru. Selain mampu memperbaiki fungsi tubuh dalam memanfaatkan oksigen, olahraga kardio juga bermanfaat memperbaiki denyut jantung, tekanan darah, dan pernapasan, serta merangsang pelepasan hormon endorfin yang akan membuat mood terasa baik. Jenis olahraga kardio sederhana yang bisa dicoba di dalam rumah dan tanpa peralatan antara lain high knees, burpee, dan lompat tali skipping.

Ketiga jenis olahraga tersebut bisa  dilakukan dengan lebih santai sambil mendengarkan musik. Menurut riset Costas Karageorghis, seorang ahli musik dan olahraga dari Brunel University yang dipublikasikan thesportjournal.org, aktivitas mendengarkan musik menjadi bagian yang tak bisa dilepaskan dari keseharian kita, termasuk saat berolahraga. Selain bisa membuat kita menjadi lebih semangat, tenyata musik juga bisa meningkatkan pengaruh positif dari olahraga itu sendiri. Apalagi pemilihan lagu dengan tempo yang tepat dapat meningkatkan efisiensi gerakan selama berolahraga, memperkuat ketahanan, serta membutuhkan oksigen lebih sedikit dibanding tanpa musik. (Ngurah Budi)

To Top