Kuliner

Maksimalkan Asupan Nutrisi Sehat Minimalkan Risiko Terjangkit Covid-19

Denpasar (cybertokoh.com) –

Dalam kondisi pandemi Covid-19, masyarakat diminta untuk melaksanakan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) serta menerapkan protokol kesehatan, seperti selalu mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menggunakan masker saat berada di luar rumah, serta menjaga jarak antara satu orang dengan orang lain. Menjalankan prinsip kesehatan lebih baik mencegah daripada mengobati lebih mudah dilakukan, salah satunya dengan asupan nutrisi sehat, seperti makan buah dan sayur. Memaksimalkan asupan nutrisi sehat bisa meminimalkan risiko terjangkit Covid-19.

Terkait nutrisi sehat, Ketua Persagi Bali Dr. I Putu Suiraoka, SST, M.Kes. mengatakan makanan sehat yang bergizi dapat membantu kinerja kekebalan tubuh atau imunitas. Beberapa makanan yang dapat memperkuat imunitas misalnya brokoli yang tinggi kandungan viatmin A, bayam yang memiliki kandungan antioksidan tinggi serta mengandung betakarotin.

“Buah-buah berwarna terang kaya vitamin dan penting untuk pembentukan imunitas. Contohnya pisang, pepaya, jeruk, dan lemon. Ada juga kelompok rempah-rempah, kunyit yang warna kuning mengandung kurkumin yang menunjang fungsi kekebalan tubuh. Makanan laut yang mengandung vitamin, misalnya ikan, kerang, tiram. Intinya optimalkan bahan makanan lokal,” tegas dosen Poltekkes Denpasar jurusan Gizi ini.

Proporsi gizi seimbangan mengacu pada “isi piringku”. Komposisi yang lengkap bukan sekadar mengenyangkan perut tetapi membantu tubuh kuat dan sehat sepanjang hari. “Isi piringku bagi dua, ½ bagian berupa karbohidrat dan lauk serta ½ bagian berupa sayur dan buah. Jangan lupa melengkapinya dengan air minum.

“Di masa pandemi Covid-19 ini ada dua hal yang bisa dilakukan. Pertama,  tingkatkan kekuatan imun dengan pola hidup sehat. Kelola stres dengan baik karena di rumah terus menerus bisa memicu stres yang membuat sistem kekebalan tubuh melemah. Solusinya, luangkan waktu untuk relaksasi. Istirahat teratur dan berkualitas. Kedua, optimalkan halaman rumah untuk sumber pangan keluarga,” jelas Suiraoka. (Ngurah Budi)

To Top