Tabanan

Bendung Hoaks di Pilkada, Ini yang Dilakukan SMSI Bali dan KPU Tabanan

Tabanan (cybertokoh.com) –
Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyambut sinergi dengan organisasi Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Provinsi Bali. Dukungan dilakukan oleh organisasi konstituen Dewan Pers di Bali ini, untuk mengawal pemberitaan Pilkada 2020 di Tabanan.

Ketua SMSI Bali Emanuel Dewata Oja menekankan, edukasi kepada publik dibutuhkan untuk menekan penyebaran hoaks. Meski menurut Edo, potensi penyebaran hoaks bisa saja muncul, terutama melalui media sosial.

Mengingat, sebaran ‘kabar bohong’ yang dikonsumsi masyarakat dampak yang ditimbulkan cukup luas dan sangat memengaruhi kepercayaan publik.

Namun, dengan diimbangi pemberitaan melalui media mainstream online, publik bisa mendapatkan informasi yang berimbang. Media arus utama akan menjadi wadah klarifikasi bagi masyarakat dengan informasi yang benar dan bertanggungjawab.

“Supaya tidak ada ruang hoaks di media online mainstream. Karena itu, konteks SMSI dalam kepentingan mengawal Pilkada untuk mencapai tingkat kepercayaan publik yang tinggi dalam koridor yang benar,” kata Edo di kantor KPU Tabanan, Kamis (27/8).

Sementara, Ketua KPU Kabupaten Tabanan I Gede Putu Weda Subawa, SE., MM. menyatakan kesiapannya menjalin kerjasama yang produktif antara lembaga penyelenggara pemilu dan organisasi badan usaha penerbitan pers dalam wadah SMSI Provinsi Bali.

Dalam ranah pemberitaan, tahapan pemilu saat ini mulai memasuki tahap pendaftaran pasangan calon. Menurut Weda Subawa, KPU Tabanan melalui divisi sosialisasi juga gencar menyiapkan materi informasi terkait setiap tahapan yang ada.

“Kami sangat mengapresiasi bentuk sinergi ini. Karena partner yang paling sejati adalah media dan kami siap bekerjasama. Dalam waktu dekat ini, kami persiapkan materi pemberitaan, apapun bentuk beritanya akan dishare, termasuk foto-foto,” ungkap Weda Subawa. (rls/Ngurah Budi)

 

To Top