Connect with us

Bangli

KPU Bangli Siap Gandeng SMSI Bali

Published

on

Bangli (cybertokoh.com) –

Rangkaian road show pengurus Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Provinsi Bali, dalam rangka sosialisasi program ‘Gerakan Edukasi, Pilkada tanpa Hoax dan Tanpa Provokasi”, Senin (10/8) mendatangi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangli. Dalam pertemuan dengan seluruh Komisioner KPU Bangli tersebut, kedua lembaga sepakat bekerja sama sosialisasi Pilkada Bangli 2020 sekaligus berupaya mengedukasi pemilih.

“Kami mengapresiasi dan menyambut baik tawaran kerja sama yang disampaikan teman-teman media online yang tergabung dalam SMSI Bali. Karena media mengambil peran penting dalam Pilkada 2020, yang dilaksanakan saat pandemi Covid-19. Banyak hal yang secara fisik tidak bisa dilakukan, dapat diisi oleh teman-teman media, baik cetak, elektronik maupun media online,” ujar Ketua KPU Bangli, Putu Gede Pertama Pujawan.

Pujawan menjelaskan pihaknya akan melibatkan dan bekerja sama dengan media–media, mulai dari media cetak, elektronik maupun online guna menyebarluaskan seluruh informasi seputar penyelenggaraan Pilkada Bangli 2020. Sejauh ini pihaknya telah menjalin kerja sama dengan stasiun televisi dan beberapa media cetak.

Advertisement

Ketua KPU Bangli yang juga mantan wartawan ini memberi perhatian khusus pada media online. Perhatian khusus seperti itu lantaran kecenderungan masyarakat era digital yang sudah cukup banyak yang meminati cara konsumsi berita lewat platform media digital. Semua itu demi kelancaran dan kesuksesan penyampaian pesan-pesan terkait Pilkada Bangli 2020 kepada masyarakat secara efektif.

BACA  KPU Karangasem Sambut Sinergi dengan SMSI Bali

“Atas pertimbangan itu, kami dari KPU sangat berterimakasih dan mengapresiasi SMSI Provinsi Bali yang sudah pro aktif menjalin kerja sama demi sukses pilkada. Terkait hal-hal teknis kerja sama, nanti akan diatur sebaik mungkin,” ujar Pujawan.

Sementara itu Ketua SMSI Bali, Emanuel Dewata Oja menerangkan betapa pentingnya KPU bekerja sama dengan media dalam mensosialisasikan Pilkada serentak Bali 2020 yang diikuti enam Kabupaten/Kota se-Bali. Ia menekankan beberapa hal penting terkait kerja sama dengan media.

SMSI berharap agar seluruh KPU penyelenggara Pilkada di Bali, dapat bekerjasama dengan media, namun harus benar-benar diseleksi media mana saja yang layak diajak kerja sama. Rujukan utama kata Edo adalah Peraturan Dewan Pers nomor 03/Peraturan-DP/X/2019 tentang standar Perusahaan Pers. Dimana dalam Peraturan Dewan Pers tersebut telah diatur syarat-syarat berdirinya sebuah media.

“Palang pintu untuk kerja sama dengan media adalah peraturan Dewan Pers tersebut. Dalam Peraturan tersebut, jelas menyebutkan bahwa sebuah media harus berbadan Hukum Pers. Entah itu PT, Yayasan atau Koperasi. Hal berikut yang turut diatur dalam Peraturan Dewan Pers adalah sebuah media harus dipimpin oleh seorang Wartawan yang telah bersertifikasi kompetensi dengan jenjang wartawan utama. Itu palang pintunya,” ujar Edo.

Advertisement

Pada akhir pertemuan, kedua pihak baik KPU Bangli maupun SMSI Bali bersepakat untuk menjalin kerja sama dalam melakukan sosialisasi Pilkada Bangli 2020. Bentuk kerja samanya disepakati untuk diproses lebih lanjut. (rls/Ngurah Budi)

BACA  SMSI Berperan Cerdaskan Kehidupan Bangsa

Tren