Buleleng

Bibit Cabai dan Terong Mulai Didistribusikan

Buleleng (cybertokoh.com) –

Pemerintah Kabupaten ( Pemkab) Buleleng melalui Dinas Pertanian Buleleng  melakukan upaya untuk meningkatkan Produktivitas Pertanian. Upaya ini dilakukan dengan memanfaatkan lahan pekarangan rumah lewat program  Obor Pangan Lestari (Opal).

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pertanian Buleleng Ir. I  Made Sumiarta saat mendistribusikan 500 bibit cabai dan 500 bibit terong di kantor Balai Penyuluhan Pertanian (BPP)  Kecamatan Kubutambahan, Kamis (28/5). Bibit cabai dan bibit terong ini didistribusikan kepada Kelompok Wanita Tani (KWT) Manik Sari, KWT Mekar Nadi Desa Tamblang dan KWT Sari Nadi Desa Bengkala.

Made Sumiarta menjelaskan  dengan adanya Opal ini Dinas Pertanian Buleleng dapat mendistribusikan 10.000 bibit yang sudah di buat. “Melalui program Opal Dinas Pertanian akan mendistribusikan 10.000 bibit tananaman dengan rincian 5.000 bibit cabai dan 5.000 bibit terong,” terangnya

Menurutnya, pembagian bibit cabai dan bibit terong ini akan didistribusikan secara bertahap oleh Dinas Pertanian Buleleng. Hari ini dimulai dari kecamatan Kubutambahan.”Di Kecamatan Kubutambahan saat ini baru ada dua desa yang mendapatkan bibit cabai dan bibit terong. Untuk KWT yang ada di Kota Singaraja kami harapkan untuk hadir ke kantor untuk mengambil bibit. Hanya saja dengan situasi pandemi Covid-19 yang terjadi seperti sekarang tentunya harus mengikuti protokol kesehatan Covid-19,” ujar Sumiarta

Lebih lanjut, Made Sumiarta meminta kepada masyarakat kecamatan Kubutambahan dan juga KWT yang ada untuk memanfaatkan pekarangan rumahnya. Pemanfaatan dilakukan untuk meningkatkan jumlah tumbuhan pertanian seperti tanaman cabai dan juga terong. ”Melalui program opal ini diharapkan para ibu-ibu kelompok KWT bisa memanfaatkan pekarangan rumahnya supaya produktivitas pertanian khususnya cabai dan juga terong dapat meningkat,” pintanya. (Wiwin Meliana)

To Top