Mozaik

Keluarga Garda Terdepan Penerapan PHBS

Denpasar (cybertokoh.com) –

Penerapan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) juga disampaikan Plt. Ketua TP PKK Buleleng Ny. Ayu Wardhany Sutjidra dalam Program Perempuan Bali Bicara “Peran PKK dalam Menekan dan Mencegah Penyebaran Covid-19 Melalui PHBS di Rumah Tangga”, Jumat (29/5).

Ny. Ayu Wardhany Sutjidra mengatakan cuci tangan merupakan cara paling sederhana dalam penerapan PHBS. “Tangan sumber kuman. Kita pegang berbagai macam benda dengan tangan. Karena itu, harus sering cuci tangan. Covid-19 ditularkan melalui droplets. Karena itu pakai masker kalau keluar rumah. Ingatlah bahwa keluarga garda terdepan dalam menjaga kesehatan kita,” ungkapnya.

Istri Wakil Bupati Buleleng ini menjelaskan PHBS juga berkaitan dengan pola makan. PKK melalui program Hatinya PKK selalu menganjurkan pemanfaatan pekarangan rumah untuk menanam sayuran dan bumbu dapur. Ia mencontoh Presiden Jokowi yang rajin minum jamu. Jamu sederhana bisa dibuat dari jahe, kunyit dan sereh yang semuanya bisa ditanam di pekarangan rumah.

“Selalu ingat, apabila datang dari bepergian, langsung mandi sampai di rumah. Pisahkan pakaian yang sudah dipakai. Cuci masker kain yang sudah digunakan,” ujarnya. (Ngurah Budi)

To Top