Buleleng

Covid-19 Tunda Pengembangan Sapi Bali di Buleleng

Buleleng (cybertokoh.com) –

Rencana Pemerintah Kabupaten Buleleng melalui Dinas Pertanian dalam pengembangan sapi Bali belum bisa direalisasikan dalam waktu dekat. Rencana pengembangan sapi Bali dengan menggandeng Undiksha Singaraja, Central Queensland University (CQU) Australia, serta Direktorat Pangan dan Pertanian Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) RI belum bisa ditindaklanjuti karena adanya Covid-19. Seluruh kegiatan dan anggaran masih difokuskan untuk penanganan Covid-19. Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Buleleng Ir. Made Sumiarta.

Ia mengungkapkan yang terpenting dalam kerjasama ini adalah dukungan Universitas Pendidikan Ganesha yang akan mendirikan prodi peternakan khususnya sapi bali. Akan tetapi dengan situasi saat ini Undiksha belum membuka kegiatan pembelajaran secara kondusif sehingga rencana tersebut terancam ditunda. “Program ini akan berjalan bersamaan dengan rencana Undiksha mendirikan prodi peternakan, ” jelasnya.

Sebelumnya, rencana pengembangan sapi Bali akan dilakukan dengan konsep triole helix. Buleleng akan dijadikan pilot project swasembada daging sapi khususnya sapi lokal Bali. Kerjasama ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas daging sapi Bali dengan melibatkan tiga komponen yaitu pemerintah, akademisi dan dunia industri. (Wiwin Meliana)

To Top