Sehat

Tetap Sehat saat di Rumah, Yoga Solusinya

Denpasar (cybertokoh.com) –

Diam di rumah menjadi pilihan terbaik di saat pandemi Covid-19 ini. Dengan melakukan berbagai aktivitas hanya dari rumah, kita sudah ikut mencegah penyebaran virus tersebut. Dan, selama di rumah pula, kita perlu tetap menjaga kesehatan, dengan berolahraga agar tubuh terjaga kebugaran dan imun tetap kuat.

Bagi perempuan bernama lengkap Gusti A. Oka Pastini dan biasa dipanggil Gek Ocha, seorang marketing sebuah agen bidang pariwisata dan guru yoga untuk tamu-tamu asing ini, yoga menjadi pilihan olahraganya. Ia melakukannya setiap hari saat baru bangun. Menurutnya yoga cocok dilakukan di rumah, tidak memerlukan ruang yang besar, bisa di dalam maupun di halaman rumah. “Kebetulan pekerjaan saya sekarang bisa juga dilakukan dari rumah,” katanya.

Perempuan satu ini mengawali kariernya di tahun 2011, ketika ia tamat SMA dan melanjutkan kuliah di Jurusan Sastra. Ketika itu ia kuliah sambil kerja sebagai guru bimbel dan menjadi jurnalis di kampusnya. Kemudian sempat berkarier sebagai jurnalis di Bali Travel News, kemudian kerja di hotel. “Saya sempat menjadi PR Marketing Communication serta Sosial Media Strategis. Begitulah loncat-loncatnya saya hingga sempat juga di hotel bintang lima juga,” katanya. Kini Gek Ocha memilih tinggal di Ubud serta pada Juli tahun 2019 mundur dari pekerjaanya sebagai orang kantoran di dunia perhotelan.

Selama bekerja itu pula, terang Gek Ocha, di tahun 2016 ia sempat belajar yoga tapi tidak konsisten. Dan, pada 2018 kembali menekuni yoga dengan belajar di Oasis, Sanur, yang kemudian menjadikannya konsisten. Bahkan, ia berhasil mengambil kelas “Yoga Teacher Training di Yoga FX internasional. Kini dirinya telah memiliki sertifikasi sebagai guru yoga. Kemudian mulai mengajar pada bulan Juli 2019.

Dikatakannya yoga adalah salah satu olahraga yang bagus karena menyangkut tiga hal mind, body, & soul. “Melakukan yoga di rumah, juga tidak memerlukan alat–alat. Cukup kita ada dan bergerak melakukan asana itu sudah yoga. Sangat bagus untuk meningkatkan energi positif. Yoga juga tidak sulit untuk pemula. Ada gerakan- dasar yang mudah dilakukan,” katanya.

“Tidak harus gerakan mencium lutut atau yang lainnya tapi lebih fokus pada gerakan yang kita lakukan. Kalau saya, memilih melakukannya yoga di pagi hari, Namun kalau tidak sempat bisa juga sore hari. Apalagi kalau pas ada sunset, atau setelah makan ada saat waktu rileks. Yang penting pikiran kita positif dulu. Waktu untuk melakukannya bisa 15 – 25 menit . Lakukan dengan slow, tidak harus sampai keringat ngocor. Yang penting badan bergerak,” lanjutnya.

Selain yoga, kata Gek Ocha ia juga rutin melakukan kegiatan positif lainnya, seperti grounding atau membumi , yakni menapakkan kaki di tanah tanpa alas kaki, sekitar 10 atau 15 menit. Hal ini, sangat bagus untuk meningkatkan energi positif di dalam tubuh. “Contohnya ,kita hampir setiap hari memgang HP dan tentu ini tidak bagus. Nah, grounding ini menyerap elektron-elektron negatif di dalam tubuh,” cetus perempuan yang juga suka membaca buku dan berkebun ini.

Ketika saat ini masih dalam situasi work from home (WFH), lanjut Gek Ocha. Ia juga suka melakukan self care, mulai dari luluran dengan situasi happy, maskeran, dan tidak lupa mengonsumsi makanan yang sehat. “Pagi baru bangun saya biasa makan buah atau salad. Dan, sekitar pk 11.00, brunch baru diisi nasi. Selain itu saya juga suka mengonsumsi madu, jamu kunyit, bluntas atau kencur dan food suplemen lainnya,” katanya.

Disamping kegiatan tersebut, Gek Ocha mengaku tidak lupa membuat atau menyiapkan apa rencana yang ingin dilakukan saat karantina ini usai. “Saat ini kita bisa menyiapakan semuanya sedikit –demi sedikit . Untuk saya pribadi, pastinya pertama meningkatkan kualitas atau kemampuan yoga dengan terus berlatih, karena saya ingin menjadi seorang guru yoga yang profesioal, baik dari sisi gerakan maupun knowledge-nya,” ucapnya Gek Ocha sembari melakukan meeting dengan beberapa resort untuk melakukan retret, selesai pandemi covid 19 ini.

Saat ini, kata Gek Ocha dirinya masih menjalin komunikasi dengan murid-muridnya karena mereka akan kembali lagi belajar setelah suasana normal. “Ada lagi yang saya kerjakan, yakni melakukan beberapa foto shoot untuk sosial media dan video syuting, sebagai self branding, promosi melalui postingan kegiatan yang positif. Agar energi kita dan yang melihat memperoleh vibrasi positif. Kebetulan pula saya akan melaunching channel Youtube yang baru di masa pandemi Covid 19 ini. Saya membuat video gerakan-gerakan yoga yang bisa dan mudah dipraktekkan oleh penonton,” papar Gek Ocha. (Sri Ardhini)

To Top