Sekitar Kita

Menteri Bintang Puspayoga Serahkan Paket Kebutuhan Spesifik

Jakarta (cybertokoh.com) –

Dalam rangka memberikan perlindungan bagi perempuan dan anak di masa pandemi, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Anak (Kemen PPPA) menyerahkan paket pemenuhan kebutuhan spesifik perempuan dan anak yang terdampak Covid-19. Paket tersebut diperoleh atas kerjasama berbagai pihak.

Menteri PPPA Bintang Puspayoga mengatakan pemenuhan kebutuhan spesifik ini juga merupakan implementasi gerakan “BERJARAK” (Bersama Jaga Keluarga Kita) aksi kedua, yakni hak perempuan dan anak terpenuhi.

Pada tahap awal paket bantuan diberikan kepada 407 balita dan anak (dibawah usia 18 tahun). 98 anak yang memerlukan perlindungan khusus. Perempuan kepala keluarga, lansia dan penyandang disabilitas sebanyak 269 orang dengan rincian (lansia 468, disabilitas 81 dan perempuan kepala keluarga 80), dari keluarga miskin atau pra sejahtera.

Dengan adanya bantuan spesifik seperti susu, biskuit bayi, vitamin, pembalut, hingga diapers untuk lansia tersebut, Bintang Puspayoga mengharapkan dapat membuka mata kita bahwa bantuan yang dibutuhkan tidak hanya sebatas sembako.

Adanya perbedaan dampak dan tantangan yang dialami anak, perempuan dan kelompok rentan lainnya dalam menghadapi pandemi Covid-19, membuat kita perlu memberikan perhatian khusus yang tidak kalah penting untuk dipenuhi.

Saat ini, paket pemenuhan kebutuhan spesifik masih fokus dilakukan di Jakarta, sebagai daerah dengan angka terdampak Covid-19 tertinggi di Indonesia. “Ke depannya, saya menghimbau paket pemenuhan kebutuhan spesifik ini dapat diikuti dan dipenuhi oleh berbagai daerah lainnya. Hal ini juga yang menjadi salah satu alasan tidak adanya pemotongan dana dekonsentrasi yang disalurkan kepada pemerintah daerah. Yakni, agar dana ini dapat diarahkan untuk pemenuhan kebutuhan spesifik perempuan dan anak dengan perbandingan 70:30, dimana 70%nya untuk pemenuhan kebutuhan spesifik,” paparnya.

Tidak selesai sampai di sini, pihaknya masih akan tetap bergandengan tangan antar pemerintah, pemerintah daerah, dunia usaha dan berbagai pihak lainnya untuk saling mendukung dalam penanganan pandemi Covid-19 hingga benar-benar tuntas. “Ayo, bersama kita bisa memulihkan Indonesia untuk kembali sehat dan sejahtera,” pungkasnya. (Sri Ardhini)

To Top