Buleleng

Pemkab Buleleng Beli 2000 “Rapid Test” Antigen

Buleleng (cybertokoh.com) –

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng, saat ini telah membeli alat pemeriksaan cepat (rapid test) Covid-19 untuk melakukan tes secara mandiri. Rapid test yang dipesan yaitu rapid test jenis antigen. Tidak tangung-tanggung, Pemkab Buleleng langsung memesan sebanyak 2000 buah rapid test yang rencananya akan datang pada Rabu (22/4).

Rapid test antigen ini diyakini lebih akurat dari rapid test antibody. Ini dikarenakan, alat ini secara langsung mendeteksi ada atau tidaknya antigen, termasuk protein yang terkandung pada corona virus. Nantinya, rapid test ini akan digunakan untuk para Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang kembali ke Buleleng.

Hal ini diungkapkan langsung oleh Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana, ST yang juga menjabat sebagai Ketua Gugus Tugas Percepatan Penananganan Covid-19 Kabupaten Buleleng saat menyapa para PMI yang sedang menjalani masa karantina melalui video conference, Minggu (19/4). Ia menuturkan, Buleleng merupakan Kabupaten pertama di Bali yang membeli rapid test antigen. Ia menjelaskan, rapid test tersebut langsung bisa menunjukkan hasil hari itu juga ketika dilakukan pemeriksaan. “Kita tidak perlu lagi menunggu 14 hari untuk melakukan test. Seminggu aja sudah bisa ditest dan langsung kelihatan hasilnya negatif atau positif corona. Jadi para PMI yang testnya negatif bisa pulang lebih cepat,” katanya.

Ia menuturkan, rapid test antigen ini memiliki akurasi yang lebih baik dari pada rapid test antibody. Ia menjelaskan, rapid test antibodi hanya mendeteksi imun di dalam tubuh ada pergerakan. “Kalau tidak ada pertempuran imun di dalam tubuh pasti hasilnya negatif. Tapi virusnya masih diam. Virusnya akan menyerang ketika kondisi tubuh kita melemah. Tapi kalau rapid test antigen virusnya langsung bisa dideteksi,” imbuhnya. (Wiwin Meliana)

(Visited 1 times, 1 visits today)

Terkini

To Top