Inspirasi

Ini Cara Bersyukur dalam Situasi Sesulit Apapun

Denpasar (cybertokoh.com) –

Kesehatan tidak selalu datang dari obat-obatan. Sebagian besar datang dari ketenangan pikiran, hati, dan jiwa. Yang semua itu berasal dari sikap yang selalu bersyukur. Begitu disampaikan Tung Desem Waringin sembari membagikan tipsnya bagaimana kita bersyukur dalam situasi apapun.

Berikut tips yang disampaikannya :

1. Bandingkan dengan yang lebih jelek. Doa minta diganti nasib dengan yang lebih jelek kalau tidak bisa bersyukur.

2. Percaya bahwa Tuhan pasti menginginkan kita menjadi lebih baik karena kejadian tersebut. Tanya dan jawab pertanyaan ini: “Apa kira2 maksud baik Tuhan sehingga hal ini terjadi?”

3. Hitung minimal 10 hal yang Anda bisa syukuri.

4. Doakan orang lain yang dalam kondisi lebih menderita.

5. Bantu orang lain yang membutuhkan.

Namun seringkali kita bersyukur supaya kita bahagia naif, tidak perlu maju lagi dan tidak perlu bermanfaat lagi untuk orang banyak. Agar kita bahagia sejati, yaitu bersyukur, tetap mau maju dan terus bermanfaat untuk orang banyak. Tanya pada diri sendiri 3 pertanyaan ajaib ini:

1). Apa yang saya syukuri dari atau karena kejadian ini? (Ingat 5 jurus di atas).
2). Apa yg harus saya pelajari dari atau karena kejadian ini yang akan membuat saya menjadi lebih baik, Lebih bermanfaat, lebih sukses, lebih harmonis, lebih kaya, lebih maju, lebih sehat, lebih fokus ke hal-hal yang penting, Lebih apa pun yang positif?
3). Apa yg harus saya lakukan sekarang yang akan membuat saya :
3.1. Merasa lebih baik.
3.2. Benar-benar jadi lebih baik.
3.3. Orang banyak jadi lebih baik.
3.4. Direstui Tuhan.

Menurut Tung Desem Waringin dengan menjawab 3 pertanyaan tersebut, bersyukur namun tetap mau maju, bermanfaat utk orang banyak dan direstui Tuhan. ”Sekarang mari kita berdoa bersama agar badai Covid-19 ini cepat berlalu. Dan, kita semua sehat sejahtera dan dilindungi Tuhan Yang Maha Kuasa dan Maha Penyayang.”  (Sri Ardhini)

To Top