Mozaik

Pasar Rakyat di Densel Dipasangi Bilik Antispetik

Denpasar (cybertokoh.com) – Setelah dilaksanakan pemasangan Sterilization Chamber (bilik antisepetik) di Pasar Rakyat di wilayah Denpasar Timur, Denpasar Barat dan Denpasar Utara, kini giliran pasar rakyat wilayah Denpasar Selatan dipasang bilik antisepetik. Pasar yang dipasangi antiseptik yakni Pasar Nyanggelan, Sudha Merta dan Pasar Pedungan.

Pemasangan bilik antiseptik dilakukan untuk antisipasi pencegahan penyebaran Covid-19 serta memberi rasa nyaman kepada masyarakat. Pengoperasian alat yang merupakan bantuan CSR dari PT. Pelindo III Cabang Benoa serta Pengusaha yang tergabung dalam Indonesia Tionghoa Bali (INTI Bali) ini dipantau langsung Wakil Wali Kota Denpasar, IGN Jaya Negara di Pasar Rakyat Phula Kerti Denpasar Selatan, Sabtu (11/4).

Selain pemasangan bilik antiseptik juga dilaksanakan pemberian masker gratis kepada para pedagang pasar dan pengunjung pasar. Kala itu pula kepada pengunjung yang hendak masuk ke pasar wajib memasuki bilik antiseptik tersebut dan juga diwajibkan memakai masker.

Kepala Pasar Phula Kerti I Wayan Agus Indrawan mengatakan setelah pemasangan bilik anstiseptik, pedagang maupun masyarakat yang akan masuk pasar harus melaui bilik ini terlebuh dahulu. Gunanya untuk mengurangi kontaminasi virus dan bakteri yang menempel di permukaan pakaian atau benda, dengan cairan antiseptik yang aman.

Penyemprotan antiseptik ini dilakukan kepada masyarakat sebagai bentuk antisipasi penyebaran Covid–19 . Ini merupakan bagian dari sterilisasi pengunjung. Untuk obat yang digunakan dalam penyemprotan ini sesuai dengan rekomendasi Dinas Kesehatan Kota Denpasar, yakni air sabun serta antiseptik.

“Kami mengucapkan terima kasih atas perhatian Pemerintah Kota Denpasar yang secara berkelanjutan memberikan kenyamanan kepada masyarakat,. Juga terima kasih kepada perusahaan yang telah memberikan CSR yang bermanfaat bagi masyarakat khususnya pengunjung pasar rakyat,” ungkapnya.

Ketua INTI Bali, Sudiarta Indrajaya mengatakan pihaknya menyiapkan sebanyak 24 bilik antiseptik yang di sebar di seluruh pasar desa (pasar rakyat) di Kota Denpasar. Dengan adanya bilik ini pengunjung yang datang ke pasar sudah steril dan diharapkan masyarakat memiliki rasa tenang dan nyaman di dalam melakukan aktivitas di pasar.

Sementara Wakil Wali Kota Denpasar, IGN Jaya Negara didampingi Kabag Humas dan Protokol Pemkot Denpasar Dewa Gede Rai tetap menghimbau kepada masyarakat yang berbelanja ke pasar untuk senantiasa memakai masker, menerapkan social dan physical distancing dengan menghindari kerumunan. Serta tetap mengutamakan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan cuci tangan pakai sabun (CTPS). Untuk mencegah serta mengantisipasi penyebaran Covid – 19. (Sri Ardhini)

To Top