Sehat

Melawan Covid-19 dengan Tetap Berlari

cybertokoh.com – Mengapa banyak orang ketagihan berlari dan mengemari olahraga lari, termasuk ibu yang satu ini. Diusianya yang tahun ini 56 tahun, ia justru mengaku makin tua malah makin ketagihan Katanya ia melawan wabah Covid -19 dengan berlari sembari menikmati matahari pagi.

Dikatakannya menjadi tua itu pasti, namun menikmati masa tua dengan kondisi tubuh yang sehat serta mempunyai semangat berjiwa muda adalah pilihan.

Karenanya, sebelum badan mulai ringkih karena usia, lanjut Duratuh Nasihin yang biasa disapa Atun Haris ini, persiapkan rencana dari sekarang biar tetap bisa lari dihari tua. “Akan lebih bagus jika belajar teknik hingga nutrisi yang mendukung. Dengan pengetahuan yang cukup akan semakin baik,” ujarnya.

Menurut Atun yang aktif lari sejak akhir tahun 2017 dan telah memiliki banyak medali ini, berlari adalah olahraga yang universal. Artinya seseorang dalam usia berapapun bisa tetap berlari. Yang menjadikan berbeda adalah bagaimana orang tersebut dalam merawat tubuhnya sesuai usianya, sehingga bisa fit untuk dibawa berlari agar bermanfaat bagi kesehatan jiwa dan raga.

Atun juga mengatakan bahwa usia hanyalah kumpulan angka. Dirinya mengaku baru mulai serius berlari justru di usia tidak muda, sekitar usia 53 tahun. Iapun mulai mengikuti race marathon dari 5K,10K, HM, dan FM. Semua menyenangkan, apalagi kalau kegiatan larinya melewati kawasan yang pemandangannya indah.” Untuk menjaga stamina , saya cukup rajin mengonsumsi air putih di pagi hari saat baru bangun tidur,” cetusnya.

Ibu satu anak ini mengakui dirinya bukan atlit namun ia termotivasi ingin sehat dan banyak belajardari berbagai sumber, baik dari dari komunitas pelari, teman teman atlit hingga pengalamannya sendiri ketika berlari. Semua menjadi modal evaluasi untuk menyesuikan dengan usianya.

“Ada ssebuah quotes Edward Stanley yang juga menjadi motivasi saya. Bunyinya “ Mereka yang merasa tidak punya waktu untuk berolahraga, cepat atau lambat harus meluangkan waktu untuk merawat penyakitnya,“ ucapnya.

“Semoga saja yang kena virus lari bertambah. Semoga pula kita semua diberi terus kesehatan ditengah situasi wabah Covid -19 ini.Saya ingin bisa terus berlari sampai usia lanjut agar terus sehat. Sebab jika kita sehat maka kita akan menua dengan indah,“ pungkasnya. (Sri Ardhini)

To Top