Sekitar Kita

Ayo Dukung Gerakan Berjarak

cybertokoh.com – Deputi Bidang Partisipasi Masyarakat, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak , Indra Gunawan menyelenggarakan rapat online bersama ketua Forum PUSPA (Partisipasi Publik untuk Kesejahteraan Perempuan dan Anak) Provinsi se Indonesia, pada Selasa ( 7/4).

Rapat Koordinasi Gerakan Bersama Jaga Keluarga Kita (Gerakan Berjarak) dengan topik #Berjarak (Bersama Jaga Keluarga Kita). Pada rapat online yang dihadiri 79 orang peserta tersebut, Puspa Bali diwakili oleh dr. Lely Setyawati., Sp.KJ (K) .
Meeting online tersebut menggangendakan perihal Penjelasan Gerakan Berjarak; Penjelasan Mekanisme Kerja; Penjelasan Tata Waktu /Timeline dan Rencana Tindak Lanjut. Dengan harapan diperoleh output untuk Menyamakan Persepsi tentang Gerakan Berjarak; Menyepakati Mekanisme Kerja Gerakan Berjarak; Menyepakati Timeline Pelaksanaan Gerakan Berjarak serta Menyepakati Rencana Tindak Lanjut Gerakan Berjarak.

Dalam pertemuan tersebut dikatakan bahwa penyebaran Covid–19 di Indonesia cenderung terus meningkat dari waktu ke waktu. Menimbulkan korban jiwa dan kerugian material yang besar, hingga berimplikasi pada aspek sosial, ekonomi serta kesejahteraan masyarakat. Perempuan dan anak adalah kelompok rentan yang terdampak paparan Covid-19 baik pada aspek kesehatan, sosial, dan ekonomi.

Diketahui pula ada tantangan terkait pandemi Covid-19 yang membutuhkan protokol yang ketat serta respon cepat, akurat, dan luas infodemik Covid-19 membingungkan masyarakat. Disamping itu anjuran #dirumahsaja belum ditaati sepenuhnya, padahal pandemi dan infodemik Covid-19 adalah ancaman nyata bagi kelompok rentan (khususnya perempuan dan anak).

Namun, tercatat masih ada kekuatan yang dimiliki PUSPA yakni berupa: Jaringan Kader Forum Anak di setiap kabupaten sampai desa. Jaringan aktivis Perlindungan Anak Berbasis Masyarakat (PATBM) di setiap kabupaten sampai desa. Jaringan Kader PUSPA (organisasi masyarakat sipil, keagamaan, dunia usaha, media, akademisi). Selain itu ada pula PUSPAGA
Jaringan Tim UPTD PPA,Jaringan Tim P2TP2A di setiap kabupaten serta Jaringan Mitra Pembangunan (Unicef, CDC, Plan International, Pekka, dan lainnya).

Karena itu Gerakan Berjarak ini akan memanfaatkan jejaring dan kader yang dimiliki. Merancang kegiatan yang mudah, sederhana, dan cepat. Juga akan berkolaborasi dan berbagi sumber daya dengan mitra pembangunan. Kemudian menggunakan prasarana dan sarana PPPA yang ada di daerah serta tak lupa bekerja sinergi dan bahu membahu untuk melakukan aksi dengan kesadaran bahwa yang bergerak adalah informasi dan bukan orang.

Gerakan Bersama Jaga Keluarga Kita untuk Melindungi Perempuan dan Anak dari Paparan COVID-19 atau Gerakan Berjarak harus dilakukan dengan tujuan memastikan perempuan dan anak aman bersama keluarga untuk menghadapi bahaya paparan Covid-19 di rumah dan lingkungannya. Hal ini juga dilakukann dengan menggalang jaringan dan kader PPPA untuk bahu-membahu dan berbagi sumber daya dalam upaya memastikan perempuan dan anak aman dan terpenuhi hak-haknya di keluarga, rumah, dan lingkungannya. (Sri Ardhini)

To Top