Edukasi

Orangtua Terlibat Penuh Dukung Anak Belajar di Rumah

cybertokoh.com – Selama ini proses belajar online di rumah berjalan lancar. Belum ada komplain dari orangtua. Untuk tugas pembelajaran di rumah disesuaikan dengan kebutuhan anak usia dini. “Kami lebih tekankan mengenai pendidikan karakter dan life skillnya untuk bekal dasar masa depan mereka,” ujar Prihastuti, S.Pd, Kepala Sekolah TK Cerdas Mandiri – Denpasar Children Center.

Menurutnya dalam masa belajar di rumah ini ia mencoba menciptakan suasana bonding antara anak dan orangtua. “Dimana biasanya orangtua sibuk bekerja dan menyerahksn pendidikan ke sekolah, sekarang orangtua dalam membimbing anak jadi terlibat penuh,” katanya.

Bu Tuti juga memperlihatkan contoh penugasan di rumah yang di share melalui WA Di sana Ibu Guru menginformasikan minggu ini anak-anak akan berpetualang seru untuk melatih keterampilan dasar dalam kehidupan yang merupakan bagian dari kompetensi pengayaan Pendidikan Holistik Berbasis Karakter (PHBK).

Beberapa referensi pilihan aktivitas yang dapat melatih kemampuan keterampilan anak-anak dan sering dilihat dalam kehidupan sehari-hari dan dapat dilakukan bersama orangtua mereka seperti: 1. Memasak menyenangkan; 2. Kebersihan (mencuci piring, baju, mobil/sepeda motor, sepatu, mengelap kaca, menyapu, mengepel); 3. Membaca buku
4. Membuat benda kreatif dari daur ulang ;5. Merawat hewan peliharaan ;6. Merapikan rumah (merapikan kamar pribadi, ruang keluarga, dan dapur); 7. Kemandirian (melipat/ menyetrika baju, menjahit, pasang kancing); 8. Berkebun ;9. Beribadah dan melakukan kegiatan keagamaan bersama anggota keluarga ; 10. Main bersama adik/kakak; 11. Membacakan adik buku; 12. Olahraga bersama keluarga; 13. Membuatkan teh manis hangat untuk orang tua; 14. Belajar mengoperasikan alat elektronik RT seperti rice cooker , mesin cuci, microwave.

Dalam melakukan kegiatan, kata Bu Tuti para orangtua dapat memotivasi anandanya untuk menceritakan pengalaman aktivitasnya selama seminggu. Selanjutnya orangtua akan melaporkan dalam bentuk video, foto yang di upload di WA grup atau komunikasi langsung lewat video call jika ada yang ditanyakan

“Berdasarkan laporan kegiatan belajar anak di rumah yang sudah dilaporkan oleh orangtua, kami pihak sekolah akan membuat laporan resmi ke Dinas Pendidikan dan laporan resmi tersebut akan di upload di link dinas secara langsung,” ujar Bu Tuti.

Bu Tuti juga mencontohkan salah satu laporan Kelompok B1 TK Cerdas Mandiri – DCC Yang temanya Alam Semesta. Dalam laopran tersebut tercantum kegiatan yang dilakukan yakni mengenal salah satu cara bersyukur. Anak-anak diajak oleh orangtua melaksanakan persembahyangan di rumah. Melakukan rutinitas berdoa setiap hari sesuai dengan kepercayaannya masing-masing.  (Sri Ardhini)

To Top