Buleleng

Ada Tambahan Tujuh ODP Covid-19 di Buleleng

cybertokoh.com – Sejak terkonfirmasi, empat pasien positif Covid-19 dirawat di ruang isolasi RS Pratama Giri Emas. Selang sehari setelah dipindahkan, keempat pasien positif Covid-19 itu akhirnya dinyatakan telah negatif. Hal ini terungkap dari teleconfren Bupati Putu Agus Suradnyana dengan awak media, Jumat (3/4) siang.

Namun, saat ini pasien masih akan tetap dirawat di ruang isolasi, karena pihak medis akan kembali mendeteksi ke empat pasien tersebut menggunakan metode PCR (Polymerase Chain Reaction). Ini dilakukan untuk memastikan mereka benar-benar terbebas dari Covid-19, sebelum akhirnya diperbolehkan pulang.

Suradnyana menjelaskan, hasil deteksi menggunakan metode PCR lebih akurat bila dibandingkan dengan rapid test. Pada Jumat ini, pihak medis telah melakukan PCR kali kedua terhadap keempat pasien tersebut, dan hasilnya diperkirakan akan luar pada hari Minggu nanti. “Kami harus meninggu hasil tes satu kali lagi. Kalau hasilnya ini negatif, maka mereka sudah dinyatakan sembuh dan boleh dipulangkan. Namun meski nanti mereka sudah boleh pulang, saya akan tetap minta mereka melakukan isolasi mandiri lagi di rumah selama 10 hari, biar benar-benar aman,” katanya.

Disisi lain, Bupati juga mengakui saat ini ada tujuh ODP baru yang tengah diawasi. Tujuh ODP itu diantaranya dua orang pekerja kapal pesiar, satu orang baru datang dari daerah transmisi lokal di Indonesia, dan empat orang lainnya adalah calon perwira yang bersekolah di Setukpa (Sekolah Pembentukan Perwira Polisi) di Sukabumi. (Wiwin Meliana)

To Top