Jelita

Ini Tips Perawatan Wajah Sehari-hari

cybertokoh.com – Saat ini kita lebih banyak berdiam diri rumah untuk menghindari penyebaran Covid-19. Mengerjakan tugas dan melakukan banyak hal dari rumah, namun bukan berarti perawatan kulit bisa diabaikan.

Berikut tips dari ahlinya, agar kulit tetap sehat dan cantik, pemilik DNI Skin Centre, DR. dr I Gusti Nyoman Darmaputra, SpKK(K), FINSDV, FAADV

Menurut dr. Darma, dari semua skin care rutin, ada 3 step yang paling esensial yaitu : cuci muka, toning dan hydrating. Pastikan produk perawatan kulit yang Anda gunakan tidak menyumbat pori, biasanya produk ini ditandai dengan label “noncomedogenic.”

Selanjutnya lakukan langkah perawatan wajah berikut ini :
1. Cuci muka
Cuci muka dilakukan 2 kali sehari. Step ini, wajib alias tidak boleh dilewatkan. Cucilah wajah Anda terutama setelah berkeringat. Pemilihan sabun wajah dilakukan sesuai dengan jenis kulit. Pastikan Anda sudah mencuci tangan dengan sabun sebelum mulai mencuci atau menyentuh wajah

2. Toning
Kedua adalah dengan aplikasi toner ke wajah yang fungsinya menyeimbangkan keadaan kulit. Toner pertama kali berupa campuran alkohol yang ditujukan untuk mengurangi minyak pada wajah. Namun, seiring perkembangan zaman ada banyak sekali jenis toner yang sesuai dengan kebutuhan dan jenis kulit. Misalnya toner yang mengandung vit C atau E yang fungsinya menghalau paparan radikal bebas.

3. Moisturizer
Selanjutnya adalah dengan menggunakan mosturizer atau pelembab. Pelembab yang dipilih tentu sekali lagi harus disesuaikan dengan jenis kulit Anda. Misalnya bentuk pelembab gel ditujukan untuk kulit berminyak.

Setelah melakukan tahap tersebu, lanjut dr. Darma gunakan tabir surya dengan SPF minimal 30. Hal lain yang juga harus diperhatikan adalah menjaga hidrasi tubuh dengan asupan cairan yang sesuai dengan berat tubuh. Dan, selalu menjaga kesehatan dengan olahraga rutin minimal 30 menit perhari yang akan memaksimalkan peredaran darah sehingga kulit akan semakin terlihat segar dan sehat. (Sri Ardhini)

To Top