Buleleng

Lapas Singaraja Siapkan “Video Call” untuk Komunikasi Keluarga

cybertokoh.com – Lembaga Pemasyarakatan, Lapas Kls II B Singaraja menerapkan video call bagi para pengunjung. Hal ini bertujuan untuk mengurangi pengumpulan masyarakat dalam jumlah banyak dan mencegah penyebaran Covid-19.

Selain menyemprotkan disinfektan, Lapas Kls II B Singaraja juga menyiapkan sarana pencuci tangan berupa hand sanitizer kepada staf dan pengunjung. Para pengunjung yang biasanya diperkenankan berkomunikasi langsung dengan penghuni lapas sejak Rabu (18/3) sudah ditiadakan. Untuk memfasilitasi komunikasi, Lapas Kls II B Singaraja memasang dua fasilitas video call.

Kalapas Kls II B Singaraja MutZaini menjelaskan fasilitas video call merupakan kebijakan Lapas Kls II B Singaraja untuk memberikan kesempatan kepada keluarga penghuni berkomunikasi. Keluarga yang akan berkomunikais via video call mendaftarkan diri kepada petugas Lapas. “Program ini selama 14 hari. Kita coba untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk tidak berkunjung, namun kita memberikan opsi untuk video call. Napi akan difasilitasi dengan peralatan yang kita sediakan berupa komputer,”ujarnya.

Mengingat sarana video call yang disiapkan hanya dua maka keluarga yang berkomunikasi diberikan waktu selama lima menit. Sehari rata-rata enam puluh orang keluarga dapat berkomunikasi dengan penghuni LP. Hingga kini terdapat 283 penghuni dalam Lapas Kls II B Singaraja. “Kita berikan durasi 5 menit per orang, dalam tiga jam kunjungan pertama sekitar 60 orang bisa terakomodir, keesokan harinya juga demikian,” imbuhnya. (Wiwin Meliana)

 

To Top