Edukasi

Anak Belajar Online, Orangtua Harus Dampingi

cybertokoh.com – Kebijakan belajar di rumah sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19 mendapat apresiasi positif orangtua. Sistem belajar secara online membuat anak bisa tetap belajar walaupun tidak ke sekolah. Orangtua pun tetap harus mendampingi anak sebagai bahan laporan ke guru.

“Ketiga anak saya melalukan pembelajaran secara online. Dengan pengawasan orangtua sebagai pendamping untuk anak saya Ni Komang Aura Putri Febriyanti kelas 3 SD Saraswati 3 Denpasar. Sebab libur 14 hari ini bertepatan dengan pelaksanaan UTS. Makanya siswa setiap harinya mengerjakan soal UTS sesuai jadwal. Semuanya berlangsung secara mandiri dalam pengawasan dan pendampingan orang tua,” ungkap Ni Made Kasmiati, salah seorang kader PKK yang tinggal di wilayah Denpasar Timur ini.

Ibu 3 orang anak, yang biasa di sapa Bu Mia ini mengatakan selanjutnya ia mengirimkan dokumentasi kegiatan anak belajar di rumah melalui grup kelas. Guru wali juga memantau dengan selalu mengingatkan pengawasan orangtua terhadap para siswa untuk tidak keluar rumah.

Sedangkan untuk putrinya Luh Kade Ari Lestari yang sekolah di SMP N 1 Denpasar, pembelajaran dilakukan sesuai jadwal pelajaran setiap harinya. Tugas yang harus dikerjakan sudah diberikan pada hari pertama libur melalui WA grup. Di sini wali kelas melakukan pendampingan dan pengawasan melalui VC, untuk menanyakan apabila ada permasalahan dan kesulitan terhadap soal-soal dan tugas yang diberikan.

“Untuk anak saya yang SMP ini, wali kelasnya juga membuat media google class room yang berguna sebagai media proses pembelajaran baik pemberian tugas dan pengiriman tugas secara online. Wali kelas tetap melalukan pengawasan terhadap siswanya dengan melalukan VC kepada siswanya setiap harinya,” katanya.

Begitu pun dengan putri sulungnya Ni Putu Natia Prameswari, siswai SMA 1 Denpasar, juga melalukan pembelajaran online secara terstruktur melalui media group kelas, sesuai jadwal pelajaran. Mereka juga mengumpulkan tugas melalui media WA group. “Sampai hari ini proses pembelajaran online yg dilakukan ketiga putri saya berjalan dengan lancar. Dan kesiapan guru terhadap pelaksanaan proses pembelajaran juga sudah terlaksana dengan sangat baik,” cetus Bu Mia.

Menurutnya dari yang dilihatnya ketiga guru anak-anaknya sudah sangat melek terhadap media elektronik. Mereka tetap melaksanakan tugas pembelajaran secara terstruktur.” Ini dapat terlaksana dengan sangat cepat dan tepat tentunya tidak terlepas dari usaha dan kerja keras bapak Wali Kota Denpasar melalui OPD Dinas Pendidikan yang selalu melalukan pengawasan terhadap proses pembelajaran online agar benar-benar mampu memastikan anak-anak dalam keadaan kondusif di dalam rumah,” katanya. (Sri Ardhini)

To Top