Buleleng

Cegah Penyebaran Covid-19, Air Terjun Sekumpul Ditutup

cybertokoh.com – Sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19, objek wisata Air Terjun Sekumpul, yang terletak di Desa Sekumpul, Kecamatan Sawan, Buleleng ditutup hingga batas waktu yang belum ditentukan.

Perbekel Desa Sekumpul Made Suarta mengatakan, penutupan ini dilakukan berdasarkan keputusan Bumdes, masyarakat serta para pemandu wisata. Bentuk penutupan dilakukan dengan pemasangan spanduk di pintu masuk objek wisata. “Kami tutup sementara, atas imbauan Gubernur dan Bupati untuk menghindari penyebaran virus corona. Rencananya sampai 1 April tetapi di pintu masuk kami tulis sampai batas waktu yang belum ditentukan,” jelasnya.

Suarta pun tidak memungkiri, dengan ditutupnya objek wisata Sekumpul Waterfall, akan berdampak pada pendapatan para pemandu wisata yang ada di desa tersebut. Namun demi keselamatan masyarakat di desa, akhirnya disepakati untuk menutup sementara Sekumpul Waterfall. “Biasanya dalam sehari, wisatawan yang berkunjung ke air terjun mencapai 50 hingga 60 orang. Untuk keuntungannya tiap bulan saya kurang tau, karena Bumdes yang mengelola. Ini untuk kesehatan kita bersama, lebih baik seperti itu (ditutup sementara waktu). Jadi para pemandu wisata sementara istirahat dulu di rumah, mereka juga sudah setuju. Biar tidak ada kasus,” terangnya.

Sementara itu Ketut Zanzan, founder dari objek wisata OmUnity di Desa Sekumpul mengatakan sampai saat ini pihaknya tidak menutup objek wisata untuk wisman. Pihaknya mengaku selalu welcome dengan wisatawan yang sudah beberapa bulan tinggal di Bali. Hanya saja untuk langkah antisipasi pihaknya tidak melakukan jabat tangan dan selalu mencuci tangan sebelum dan setelah beraktivitas. “Kami memang tidak menutup tetapi selalu waspada dengan langkah antisipasi,” jelasnya.

Sementara Plt Kepala Dinas Pariwisata Buleleng, Putu Sudama Diana mengatakan, pihaknya saat ini belum mengambil keputusan secara resmi untuk menutup objek-objek wisata yang ada di Buleleng. Disamping itu, kebijakan untuk menutup objek wisata merupakan kewenangan Satgas Penanganan Virus Corona. (Ngurah Budi)

To Top