Buleleng

RS Pratama Giri Emas Jadi RS Isolasi Korona

cybertokoh.com – Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana merespons cepat merebaknya virus korona di Kabupaten Buleleng. Dengan terus bertambahnya jumlah pasien yang dicurigai terinfeksi Covid-19 di Buleleng, kini pihaknya telah menyiapkan rumah sakit isolasi khusus pasien dalam pengawasan korona.

Sebelumnya, RSUD buleleng menjadi rumah sakit rujukan Pasien Dalam Pengawasan Korana, akan tetapi mengingat RSUD menjadi rumah sakit yang memiliki banyak pasien dan pengunjung sehingga dikhawatirkan akan mengganggu pasien. Atas kondisi ini, bersama pihak terkait Bupati menginstruksikan agar Rumah Sakit Pratama Giri Emas menjadi rumah sakit isolasi pasien dalam pengawasan korona.

Untuk penyiapan rumah sakit isolasi tersebut, seluruh pasien di RSGiri Emas telah dipindahkan ke RSUD Buleleng sedangkan pasien dalam pengawasan korona akan dipindahkan setelah alat-alat kesehatan lengkap.

Bupati PAS menambahkan pihaknya telah melakukan rapat finalisasi pengadaan alat alat kesehatan terutama Alat Pelindung Diri yang sangat penting dalam kasus ini. Pihaknya telah menganggarkan 1.000 APD dengan harga satu set APD lengkap Rp. 2.200.000. “Total biaya yang kami anggarkan untuk pengadaan alkes dan APD ini sekitar Rp 9,8 miliar, ” jelasnya. Namun, untuk pengadaan alat kesehatan dan APD tidak dapat dilakukan dalam waktu singkat. Diperlukan waktu selama satu minggu untuk mempersiapkan sarana dan prasarana rumah sakit isolasi tersebut.

Selain pengadaan alkes, pihaknya juga akan telah berunding dengan ahli gizi. Sehingga standarisasi rumah sakit ini berbeda dari rumah sakit umum. “Saya sudah lakukan koordinasi dengan dokter gizi, tentu standarisasi gizinya berbeda lebih tinggi untuk mempercepat pengembalian sistem imunnya, “tambah bupati Agus.

Penyiapan sumber daya manusia juga terus dilakukan dengan menggelar pelatihan-pelatihan tenaga medis. Bahkan ketika rumah sakit isolasi dipindah ke RS Pratama Giri Emas, rumah sakit ini akan berstatus tipe B karena berada dibawah naungan RSUD Buleleng. (Wiwin Meliana)

To Top